Sukses

Parenting

Anak Tak Mau Rapikan Kamar, Yang Dilakukan Ibu Diluar Dugaan

Setiap orang tua sudah sepatutnya mengajarkan anak untuk menjadi pribadi yang bersih, rapi dan mau bekerja membereskan semua hal yang berantakan setidaknya untuk segala sesuatu yang ada di kamar tidurnya sendiri. Dan agar anak mau membereskan kamar tidurnya sendiri, orang tua setidaknya harus punya cara khusus dalam mengajari anaknya.

Orang tua juga harus mau menasehati dan mencontohkan bagaimana seharusnya membersihkan kamar tidur juga ruangan lain di rumah dengan sangat sabar. Kalau memang dengan nasehat dan kesabaran anak masih saja malas untuk merapikan dan membersihkan kamarnya sendiri, apa yang dilakukan seorang ibu bernama Alice Velasques ini mungkin bisa dicontoh oleh orang tua lain. Dikutip dari laman littlethings.com, Velasques telah memiliki cara unik untuk membuat anak-anaknya menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan senantiasa membersihkan kamar tidurnya sendiri.

Velasques punya cara unik dan kreatif agar buah hatinya mau membersihkan kamar tidurnya | Photo: Copyright madworldnews.com

Apa yang dilakukan Velasques bahkan telah menjadi suatu hal yang akhirnya menimbulkan pro kontra di kalangan masyarakat. Kenapa mengajari anak menjadi pribadi yang bertanggung jawab menimbulkan pro kontra? Jadi begini, cara yang dilakukan Velasques untuk membuat buah hatinya mau merapikan kamar dan lebih bertanggung jawab dinilai terlalu keterlaluan dan memberatkan anak. Diketahui, Velasques telah mengambil semua barang buah hatinya yang berantakan di kamar dan memasukkannya ke dalam kantong kresek dan siap untuk membuang barang tersebut.

Barang-barang milik buah hati Velasques | Photo: Copyright fox5atlanta.com

Hal ini dilakukan ibu muda tersebut karena nasihatnya untuk buah hati agar ia merapikan kamar tidur tidak didengar sama sekali. Kecewa dengan anak dan tak ingin anak terus menjadi pribadi yang malas, Velasques pun akhirnya memutuskan untuk memberi hukuman pada buah hatinya tersebut. Ia pun memotret semua barang yang telah ia masukkan ke kantong kresek dan mengunggahnya di media sosial facebook.

Velasques mengunggah foto barang-barang buah hatinya yang telah ia masukkan ke kantong plastik | Photo: Copyright jumblejoy.com

Dalam unggahan tersebut, Velasques mengungkapkan bahwa ia telah memasukkan semua barang buah hatinya yang berantakan di kamar dan siap untuk membuangnya jika buah hatinya masih tetap tidak mau menjadi pribadi yang rapi dan bersih. Kalau pun buah hatinya ingin meminta barang-barang tersebut kembali, buah hatinya harus mau membayar denda sebesar 25 dollar atau setara dengan 326 ribu rupiah untuk setiap satu kantong kresek. Denda ini diberikan karena buah hati karena sebelumnya ia menolak untuk membersihkan dan merapikan kamar tidurnya sendiri.

Nampaknya, apa yang dilakukan oleh Velasques membuahkan hasil yang mengesankan. Sejak ia melakukan hal tersebut, buah hatinya kini menjadi semakin rajin dan rapi. Buah hatinya yang masih berusia belasan tersebut bahkan akan segera membersihkan kamarnya sebelum ia disuruh atau dinasehati oleh sang bunda. Dan meski cara yang dilakukan ibu ini dianggap berhasil untuk membuat anak makin mandiri, rajin dan bertanggung jawab serta dipuji oleh sebagai besar orang tua. Masih ada beberapa orang yang menilai jika apa yang dilakukan Velasques keterlaluan.

 

Velasques diwawancara di The Doctors | Video: Copyright youtube.com/The Doctors

Tapi beruntung, setelah Velasques diundang di sebuah acara Talkshow yakni The Doctors dan para ahli mengatakan jika cara yang dilakukan benar, kini makin banyak orang tua yang setuju dengan pola asuh yang diterapkan Velasques. Apa yang dilakukannya dikatakan sangat efektif dan kreatif dalam memupuk kemandirian serta tanggung jawab anak. Mengenai apa yang dilakukan Velasques ini, bagaimana nih tanggapan kamu? Kalau bunda, punya cara unik dan kreatif lainnya nggak nih dalam memupuk kemandirian dan tanggung jawab buah hati? Jangan lupa share pengalaman bunda di kolom komentar ya.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading