Sukses

Parenting

Mengenang Masa Kecil Tahun 90an, Menggelitik & Bikin Kangen

Menurut ketetapan pemerintah atau keputusan presiden Republik Indonesia nomor 44 tahun 1984 pada tanggal 19 Juli 1984, tanggal 23 Juli adalah Hari Anak Nasional. Oke-oke, karena hari ini adalah Hari Anak Nasional, saya sebagai seseorang yang lahir di era 90an, akan mengingatkan kembali bagaimana bahagia dan jayanya anak-anak era 90an. Memang, anak-anak yang lahir tahun 90an saat itu belum mengenal gadget atau sejenisnya. Tapi, hal itu justru menjadi kebanggaan tersendiri karena kami anak 90an punya segudang permainan yang mengesankan, menggelitik dan bikin kangen.

Photo: Copyright via tabloid-mh.blogspot.com

Bila kita ingat sama-sama, anak-anak era 90an bisa dikatakan sebagai anak-anak yang sangat mengesankan, kreatif dan kuat. Bagaimana nggak mengesankan, anak era 90an pasti pernah melakukan beragam permainan yang mungkin tak pernah dikenal anak zaman sekarang. Anak era 90an juga merupakan anak-anak yang sangat kreatif karena bisa menciptakan permainannya sendiri dengan cara yang mengesankan. Ya, meskipun permainan itu kalau ada di zaman sekarang menjadi salah satu permainan yang sangat sederhana sih.

Baiklah, buat kamu yang lahir di era 90an atau sebelumnya, yuk kita sama-sama mengenang kembali apa saja sih permainan yang menggelitik dan bikin kangen di tahun 90an. Dan buat bunda yang punya buah hati di rumah, nggak ada salahnya bunda menunjukkan kenangan yang manis ini buat si buah hati agar ia juga bisa membayangkan bahwa di era sebelum ia dilahirkan, ada permainan-permainan yang lebih mengesankan jika dibanding dengan hanya bermain gadget atau play station.

(vem/mim)

Petak Umpet & Lompat Tali

Petak Umpet
Ini adalah salah satu permainan paling fenomenal di tahun 90an. Bahkan, bisa dipastikan semua anak era 90an pernah bermain petak umpet. "Hom pim pa alaihum gambreng. Aku menang, aku menang, kamu kalah, hayo tutup mata. Ayo-ayo kita sembunyi." Petak umpet adalah permainan yang mengharuskan pemain yang kalah menutup mata dan menghitung mundur sementara yang menang bersembunyi. Ketika si kalah sudah selesai menghitung mundur, ia bisa segera mencari teman-teman yang bersembunyi.

Permainan ini memang sangat sederhana, tapi jangan salah. Ada keceriaan yang tak bisa diungkapkan dengan kata-kata di dalamnya. Permainan ini juga sangat mengasikkan. Saking asiknya, kami anak 90an sering kali lupa kalau waktu sudah menunjukkan pukul 5 sore. Taraaa, para ibu pun akan berdatangan mencari kami dan menjewer telinga kami agar kami pulang. Haha, tapi tenang, para ibu akan menjewer kami dengan jeweran kasih sayang, tentunya demi kebaikan kami agar kami semakin tahu waktu kapan waktu bermain dan kapan waktu pulang untuk segera belajar atau melakukan aktivitas lainnya.

Lompat Tali
Buat para cewek yang lahir di tahun 90an, lompat tali merupakan salah satu permainan wajib. Lompat tali sendiri terdiri dari berbagai macam jenis dan permainan. Kalau di zaman saya dulu, yang saya ingat permainan lompat tali ada lebih dari 5 jenis. Tak hanya anak-anak cewek yang memainkan permainan ini, anak cowok pun tak segan buat memainkan permainan ini.

Lebih seru lagi, kami biasanya bermain bersama-sama. Selain bisa membuat tubuh makin sehat karena lompat tali adalah permainan yang mendorong kami bergerak aktif, permainan ini juga sering kali mendorong kami untuk menyeimbangkan badan dengan baik. Permainan ini juga sering kali mengasah kemampuan otak kami agar kami memikirkan berbagai cara agar kami tak lekas mati alias dipaksa berhenti saat permainan berlangsung.

Gobak Sodor/Permainan Hadang & Bentengan/Bettengan

Gobak Sodor/Permainan Hadang
Kalau di tempat saya kecil, permainan hadang menghadang ini disebut sebagai gobak sodor. Pemain yang kalah akan menjaga di beberapa garis dan pemain yang menang akan mencari celah serta berusaha menerobos garis yang dijaga. Kalau salah satu pemain yang menang berhasil ditangkap oleh penjaga, maka pemain yang menang harus rela kalah dan saatnya gantian menjadi penjaga garis.

Permainan ini biasanya dilakukan di tanah lapang atau di halaman sekolah atau rumah yang luas. Kalau sudah bermain gobak sodor, sebagian besar dari kami akan lupa waktu. Meski begitu, permainan ini sangat menarik karena bisa mengasah kekuatan fisik serta mengasah kemampuan otak kami agar kami bisa terus menjadi pemenang. Para orang tua pun bisa memantau kami dengan sangat baik saat kami melakukan permainan ini.

Bentengan/Bettengan
Di tempat saya kecil, permainan menarik dan bikin rindu masa kecil ini disebut sebagai bettengan. Tapi, di beberapa daerah mungkin namanya beda lagi. Kalau di Yogyakarta sih katanya permainan ini disebut "Jek-Jekan". Permainan ini dilakukan oleh dua kelompok yang ceritanya saling bermusuhan dan masing-masing memiliki sebuah benteng (bisa pohon bisa juga tiang listrik :D).

Cara bermainnya adalah dua kelompok harus bisa saling menyentuh benteng musuh. Jika anggota dari satu kelompok bis menyentuh benteng, maka ia bisa mengambil seorang dari kelompok lain sebagai tawanan. Tapi, jika si penyerang atau penyentuh benteng musuh tertangkap, ia harus mau menjadi tawanan musuh. Dan agar bisa terbebas dari tawanan musuh, teman satu kelompok harus bisa membebaskannya dengan cara menyentuhnya. Untuk bisa menang di permainan ini, kami dituntut untuk cerdik, memiliki kecepatan lari yang mengesankan dan seolah menjadi mata-mata yang handal. :p

Main Kelereng, Engklek & Monopoli

Main Kelereng
Main kelereng adalah salah satu permainan yang saya suka. Kenapa saya suka? Karena waktu kecil seingat saya, saya selalu menang dan bisa mendapatkan puluhan kelereng saat bermain kelereng. :D Permainan kelereng sendiri ada beragam. Dan jenis kelereng yang kami mainkan pun juga sangat beragam.

Engklek
Permainan tahun 90an yang tak kalah menarik adalah engklek. Cara bermain permainan ini sangat mudah kok. Kami hanya perlu menggambar sebuah pola di tanah menggunakan ranting atau patahan genteng. Setelah itu, kami mulai bermain engklek dengan memasukkan patahan ke dalam pola dan berjalan dari satu petak ke petak yang lain menggunakan satu kaki. Tapi nih ya, saya merasa kurang senang dalam permainan ini. Alasannya sederhana sih, saya sering kalah kalau main permainan ini. hihihi

Monopoli
Monopoli adalah salah satu permainan yang cukup mewah buat anak-anak di tahun 90an. Apalagi, buat anak-anak seperti saya yang hidup dengan teman-teman di kampung alias desa. :D Monopoli adalah permainan yang tak hanya cukup mewah dan keren saja. Permainan ini juga mengajarkan kita untuk menjadi anak yang cerdik dan bisa berhitung dengan baik. Ya, bisa dibilang main permainan ini bisa mengajarkan kami untuk lebih cerdas dalam pelajaran matematika.

Yang saya ingat betul dalam permainan monopoli, ada uang mainan di sana, ada komplek yang bisa kita beli dan jual, ada waktu dimana saya bisa beli hotel, bayar pajak dan masuk penjara. Haha, tapi tenang, itu cuma ada di permainan dan nggak sungguhan kok.

Nah, itulah beberapa permainan yang akan menjadi kenangan manis dan tak terlupakan buat kami anak 90an. Selain permainan di atas, sebenarnya masih ada banyak permainan lain yang sangat seru lho. Misalnya saja permainan main layang-layang di sawah meski terik matahari sangat menyengat, permainan kasti yang mengharuskan kami fokus buat memukul bola dan lari sekencang-kencangnya, nyari ikan di sawah dan sungai padahal pamitnya ngaji, main gasing yang dibuat dengan tangan sendiri, main mobil tamiya yang larinya kenceng banget bahkan lebih kenceng dari jet. Eh, nggak sekenceng itu juga kali ya. :D

Atau, main congklak atau dakon dan rela nginep di rumah teman lalu merengek ke ibu agar diberi izin nginep, jalan-jalan pagi setiap kali hari libur sekolah dan saking semangatnya sebelum subuh udah berangkat, main ketapel, main dan buat sendiri mobil-mobilan dari kulit jeruk bali atau kulit kelapa, keluyuran saat siang bolong hanya buat nyari buah ciplukan di sawah orang (memilih siang bolong karena yang punya sawah sudah pulang dan waktunya buat kami pergi ke sawahnya lantas menginjak-injak tanamannya) serta masih banyak lagi permainan yang kalau diceritakan pasti nggak ada habisnya, haha.

Well, gimana nih dengan kamu, apa pernah punya cerita menarik dan mengesankan yang tak terlupakan di tahun 90an? Kalau mengingat permainan-permainan di atas, rasanya ingin kembali ke masa kecil dan mengulang kebahagiaan tersebut ya.

[pos_1]

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading