Sukses

Parenting

Ingin Anak Cerdas? Beri ASI Hingga Usia 6 Bulan Saat Bayi

ASI merupakan salah satu asupan nutrisi sekaligus gizi paling penting buat bayi. Bahkan, bisa dibilang ASI merupakan makanan sekaligus minuman paling utama untuk bayi. Saking pentingnya ASI untuk kesehatan dan tumbuh kembang bayi, para ahli mengungkapkan bahwa setidaknya seorang ibu harus memberikan ASI kepada bayi minimal hingga bayi berusia 6 bulan.

Dikutip dari laman asiantown.net, anak-anak yang diberikan ASI eksklusif sekurang-kurangnya selama usia 6 bulan akan menjadikan anak tumbuh dan berkembang dengan baik saat ia anak-anak, remaja atau dewasa kelak. Anak-anak yang minum ASI ekslusif selama 6 bulan bahkan dipercaya akan memiliki tingkat kecerdasan yang lebih baik. Anak-anak ini juga dikatakan akan memiliki perilaku kognitif yang lebih baik, sopan serta mudah untuk diarahkan.

Para ahli yang melakukan penelitian terhadap 1.500 anak di Inggris dengan rentan usia 7 sampai 11 tahun menemukan bahwa anak-anak yang diberikan ASI eksklusif minimal selama 6 bulan oleh sang ibu dan dirawat dengan baik oleh ibu diketahui tumbuh dan berkembang dengan baik. Anak-anak ini juga memiliki perilaku yang lebih positif jika dibandingkan dengan anak-anak yang hanya minum ASI hingga usia kurang dari 6 bulan.

Temuan ini juga diperkuat dengan penelitian yang dilakukan para ahli di Universitas Glasgow terhadap anak-anak di Afrika Selatan. Para ahli menemukan bahwa anak-anak yang saat bayi minum ASI hingga usia 6 bulan cenderung lebih cerdas dan berperilaku baik jika dibandingkan dengan anak-anak yang hanya minum ASI hingga usia 3 bulan saja. Ya, meskipun tidak sedikit anak yang minum ASI kurang dari 6 bulan juga memiliki otak cerdas dan berperilaku baik.

Sebenarnya, tak hanya berpengaruh pada kecerdasan dan perilaku, pemberian ASI eksklusif pada bayi hingga usia 6 bulan setidaknya akan membantu anak memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat, sistem pencernaan yang sehat, risiko terserang berbagai penyakit rendah dan menangkal risiko kanker. Dr Tamsen Rochat, dari Science Research Council Human di Afrika Selatan, dalam jurnal ilmiahnya yakni PLoS Medicine mengungkapkan,

"Pemberian ASI eksklusif memiliki banyak manfaat buat kesehatan anak. Pemberian ASI eksklusif ini juga memungkinkan anak memiliki otak yang cerdas, perilaku yang baik dan kekebalan tubuh yang mengesankan."


Dr Ruth Bland dari Glasgow Unibersity dan Dr Peter Singer seorang kepala eksekutif Grand Challenges Canada di Kanada mengungkapkan bahwa setiap ibu disarankan untuk memberikan ASI eksklusif terhadap bayinya setidaknya hingga bayi berusia 6 bulan. Sesibuk apapun pekerjaan ibu, ia tetap memiliki kewajiban untuk memberikan yang terbaik buat bayinya. Karena pada dasarnya, kecerdasan dan perilaku mengesankan anak bisa dibentuk sejak ia masih bayi. Sementara itu, orang tua khususnya ibu memiliki peran penting dalam membentuk dan mengasah kecerdasan serta perilaku positif melalui interaksi kognitif, pemberian nutrisi yang tepat dan sentuhan kasih sayang tulus.

So bunda, jika bunda ingin buah hati memiliki kecerdasan yang mengesankan dan perilakunya baik, usahakan untuk memberikan ASI kepada buah hati yang masih bayi sekurang-kurangnya hingga bayi berusia 6 bulan. Tak hanya bunda yang berperan penting dalam mengasuh buah hati, ayah pun tak luput dari peran tersebut. Semoga, informasi ini bermanfaat.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading