Sukses

Parenting

Kasihan, Kondisi Langka Membuat Balita Ini Nggak Boleh Mandi Seumur Hidup

Bagi setiap orang, mandi menjadi salah aktivitas yang harus dilakukan setiap hari. Disarankan, mandi dilakukan dua kali dalam sehari. Selain membuat tubuh makin bersih dan wangi, mandi juga dilakukan agar seseorang terbebas dari segala virus atau bakteri penyebab penyakit. Mandi, juga dilakukan agar tubuh terlihat makin segar dan bugar. Tapi, bagaimana jadinya jika seseorang tak pernah mandi? Ah, masa ada seseorang yang nggak pernah mandi?

Jangan salah Ladies, karena suatu hal atau kondisi langka, bisa saja seseorang nggak bisa mandi. Bukannya nggak bisa sih, lebih tepatnya nggak boleh mandi. Seperti halnya yang dialami oleh balita bernama Noah Yaxley (16 bulan) ini. Karena kondisi langka yang ia derita, Noah tak diperbolehkan mandi.

Photo: Copyright mirror.co.uk

Dikutip dari laman mirror.co.uk, Noah menderita penyakit langka pada kulitnya. Pasalnya, saat kulitnya terkena air, kulitnya akan segera membiru dan nyawanya pun akan terancam. Sang bunda yakni Elisabeth Yaxley Potter mengungkapkan bahwa pernah suatu kali ia akan memandikan Noah, sayang, belum juga tubuhnya terkena air, tubuh Noah berubah menjadi biru dan menggigil. Saat itulah, ia pun segera membawanya ke rumah sakit.

Awalnya, dokter merasa heran dengan apa yang terjadi pada Noah. Dokter sempat mengira ini adalah kondisi yang tidak berbahaya. Tapi, setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan peristiwa membirunya tubuh Noah kembali terjadi, dokter menemukan bahwa balita usia 16 bulan ini menderita kondisi langka di mana salah satu kromosom pada tubuhnya mengalami kelainan. Karena kelainan kromosom inilah, air akan mengejutkan Noah dan bisa saja membuatnya mengalami serangan jantung dengan cepat. Jika serangan jantung ini terjadi, aktivitas mandi bisa saja membunuhnya dengan cepat.

Noah dan bunda | Photo: Copyright mirror.co.uk

Tak hanya serangan jantung, mandi juga akan membuat suhu badan Noah turun drastis. Dan selain mandi, suhu udara yang dingin juga bisa membuat Noah mengalami epilepsi juga kejang. Jadi, ia harus berada di tempat yang hangat. Agar membuat tubuhnya selalu hangat, orang tuanya akan memberikan pakaian terbaik dan tebal pada Noah. Mereka harus ada di samping Noah setiap waktu. Sementara untuk membersihkan badan Noah, ibunya selama ini mengelap tubuhnya dengan handuk atau spon yang dicelupkan ke dalam air air hangat.

Dalam catatan medis, kondisi langka yang dialami oleh Noah selama ini hanya terjadi pada 200 anak di dunia. Belum ditemukan obat yang mujarab untuk mengatasi masalah kelainan kromosom. Meski belum ditemukan obatnya, kelainan ini bisa dicegah. Rasanya, kasihan sekali dengan apa yang menimpa Noah ya Ladies. Semoga, kondisi ini bisa membuatnya selalu kuat dan sabar. Semoga pula, segera ditemukan obat yang tepat untuknya agar ia bisa hidup normal seperti anak-anak pada umumnya.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading