Sukses

Parenting

Tips Parenting Ala Dian Sastrowardoyo Agar Anak Tak Kecanduan Gadget

Teknologi yang semakin berkembang pesat membuat banyak anak kecil mengalihkan perhatian mereka dan lebih suka bermain gadget dibandingkan beraktivitas di luar ruangan. Hal ini bisa berdampak kurang baik bagi tumbuh kembang mereka. Ini pula yang dirasakan oleh aktris cantik Dian Sastrowardoyo. Dilansir oleh KapanLagi.com (8/12), sebagai ibu yang gemar berolahraga ia pun menerapkan hal yang sama bagi kedua anaknya. Menurut Dian olahraga sangat penting bagi kesehatan tubuh dan mental.

"Sebagai orang tua yang (suka) berolahraga, saya pengen mengajarkan anak-anak dengan berolahraga rutin. Ajarkan bahwa tidak pantang menyerah, hidup tidak semuanya enak, tidak gampang, kadang kita harus kuat psikologis maupun secara fisik untuk songsong kehidupan sehari-hari dan mudah-mudahan dengan olahraga rutin sebagai orang tua bisa kasih contoh buat anak-anak kita," ujar Dian.

Meskipun selalu mengajarkan anak-anaknya untuk olahraga, namun Dian jarang untuk melakukan olahraga bersama buah hatinya. Wah, apa alasannya?

"Nggak, karena kalau lakukan (olahraga) dengan anak yang ada gerakan saya nggak sempurna dan anak saya malah kena gerakan saya. Jadi bahaya. Saya biasanya lakukan ketika anak-anak saya di sekolah," kata artis film AADC ini.

Dian menambahkan bahwa tujuannya mengajarkan olahraga pada kedua anaknya agar lebih sering bergerak dan tak hanya bermain gadget saja. Ini karena Dian sudah belajar dari pengalamannya dengan anak pertamanya yang responnya melambat karena terlalu sering main gadget.

"Gimana caranya buat anak-anak tetap bergerak. Saya pribadi lebih batasi anak mainkan gadget. Saya jatah. Saya survive sampai tahun lalu puasain (anak) gadget. Kesalahan anak pertama saya (karena) saya kasih gadget. Dia telat bicara dan responnya juga kalau dipanggil nggak langsung nengok. Akhirnya dipuasain (gadget) ya terbiasa juga," jelasnya.

Lebih jauh Dian menjelaskan bahwa ia sampai menyediakan ruangan khusus agar anak-anaknya leluasa bermain. Dian juga tak pernah mempermasalahkan jika anak-anaknya bermain di taman luar rumahnya, asalkan mereka bebas bergerak dan berkeringat.

"Untuk bikin (anak) bergerak saya punya ruang tengah yang lumayan besar. Beli bola kain yang buat bayi. Main sepak bola di dalam ruangan. Sore abis tidur siang, anak-anak pergi ke taman. Naik bajaj langganan. Tinggal telepon. Di sana mereka boleh main bubble, lari-larian pokoknya cari keringetlah. Yang kayak gitu harus dijadwal sih karena di masa modern ini cuma jadi omong kosong, jadi cita-cita aja kalau nggak dijadwal, nggak dilakukan," pungkas Dian.

Wah, Ladies yang punya anak kecanduan gadget bisa banget nih mencoba cara ala Dian Sastrowardoyo. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading