Sukses

Parenting

5 Hal Yang Selalu Diingat Anak Tentang Orang Tuanya (Penting Dibaca Walau Belum Menikah)

Mungkin kita tidak bisa mengingat setiap momen yang dihabiskan bersama orang tua, sejak kecil hingga sebesar ini. Namun pasti ada hal-hal yang kita ingat, bukan, Ladies? Momen-momen berharga yang dihiasi tawa bahagia atau tangis haru misalnya. 

Ternyata momen berharga yang akan diingat setiap anak tidak hanya berbatas pada "momen bahagia" atau "momen sedih" saja. Ada unsur penentu di dalamnya, dan anak-anak akan cenderung mengingat momen ini dari orang tuanya, seperti kata Today.com.

    Saat Orang Tua Membuatnya Merasa Aman

    Kamu mungkin masih ingat saat dulu ibu atau ayah menemanimu tidur, karena kamu takut ada monster yang tiba-tiba keluar dari lemari. Kamu mungkin juga ingat saat ibu mengomeli anak tetangga yang mengganggu kamu habis-habisan. Saat ayah atau ibu membuatmu merasa aman, hal itu akan terkenang dalam hati dan pikiran kamu, Ladies.

    Saat Orang Tua Lebih Mengutamakan Anaknya

    Misalnya, saat ibu rela membatalkan liburan bersama teman-temannya demi menemani kamu yang sedang demam. Atau saat orang tua rela datang jauh-jauh dari kota lain untuk mengantarkan sup ikan hanya karena kamu bilang kamu ingin memakannya.

    Cara Ayah dan Ibu Berinteraksi Satu Sama Lain

    Anak-anak pasti paham betul cara ayah dan ibunya mengungkapkan rasa sayang satu sama lain. Bahkan hanya dengan sekilas pandang, si anak juga bisa tahu bahwa orang tuanya baru saja bertengkar.

    Kesan dan Kritik Yang Disampaikan Orang Tua Padanya

    Hati anak-anak itu seperti semen basah, apa yang menyentuhnya pasti akan membekas di sana selamanya. Kata-kata yang diucapkan orang tua, baik itu pendapat, kritik, saran, atau janji, akan terpatri di hati dan pikiran anak, mungkin hingga akhir hayatnya.

    Tradisi Keluarga

    Kejutan dan makan malam bersama setiap kali ada anggota keluarga yang ulang tahun, tukar kado saat tahun baru, atau tradisi lain, baik sederhana maupun yang besar, akan cenderung diingat anak-anak. Karena itu sering ada pertanyaan, "kok nggak ada acara makan-makan seperti biasanya, ma?". Ya kan?

Jadi, baik ini untuk Anda yang sudah menjadi orang tua atau kamu yang kelak akan menjadi orang tua, pastikan untuk menjaga tutur kata dan memperlakukan anak dengan baik. Bukan bermaksud dibuat-buat atau menunjukkan sesuatu yang "palsu". Namun apa yang mereka lihat, dengar, dan rasakan saat masih kecil, bisa saja mempengaruhi seluruh sisa hidupnya.

(vem/reg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading