Sukses

Parenting

Tak Masalah Aku Hidup Dengan Wajah Cacat, Asal Senyumku Tidak Hilang Karena Operasi

Tak semua orang dilahirkan dengan wajah dan tubuh sempurna. Beberapa orang justru harus menerima kenyataan jika saja mereka dilahirkan dengan cacat atau kekurangan pada fisiknya.

Seperti Ethan D'Amato. Anak berusia 11 tahun ini lahir dengan neurofibromatosis, yaitu kelainan genetik yang menyebabkan tumor lebih mudah menyebar di seluruh sistem saraf. Dan seperti yang bisa kamu lihat pada foto di atas, tumor menyerang wajah Ethan dan hampir menutupi seluruh bagian kanan wajahnya. Meski begitu, ia sepenuhnya anak berusia 11 tahun yang normal, Ladies, sama seperti anak-anak seusianya. Kisah Ethan ini pun dikisahkan dalam Cosmopolitan.com. 

Ethan D'Amato | copyright Facebook/Living with Neurofibromatosis

Ethan dan keluarganya secara rutin melakukan pemeriksaan terkait kelainan ini. Namun hingga kini, dokter merasa masih belum ada solusi yang tepat untuk menghentikan pertumbuhan tumor di wajahnya. Memang ada pilihan untuk melakukan operasi sih, tapi terlalu berisiko. Dan lagi, Ethan tidak ingin mengambil risiko kehilangan tawa dan senyumnya akibat operasi tersebut. "Biar saja seperti ini, selama masih aman," kata Ethan pada Barcroft TV.

copyright youtube.com/Barcroft TV

Salah satu hal yang menarik dari Ethan adalah kemampuannya untuk tetap berpikiran positif, di saat seluruh dunia memperlakukannya dan memandangnya dengan cara yang berbeda. Anak-anak biasanya takut saat melihat Ethan, karena apa yang terjadi pada wajahnya. Bahkan pernah ada anak berusia 4 tahun yang memanggilnya "sesuatu". Ethan tidak marah, ia hanya berpikir, "tidak seharusnya kamu memanggil aku 'sesuatu', karena aku juga manusia".

Ketimbang merasa tersinggung dengan perlakuan orang lain, Ethan lebih memilih untuk memberikan pengetahuan pada setiap orang yang ditemuinya. Setiap kali keluar rumah, ia selalu membawa pamflet berisikan informasi tentang neurofibromatosis. Pamflet itu diberikan pada setiap orang yang melihatnya dengan pandangan aneh atau yang bertanya mengapa wajahnya seperti itu.

copyright Facebook/Living with Neurofibromatosis

Dari kisah ini kita bisa belajar, bahwa yang menjalani hidup kita adalah kita sendiri, Ladies. Pikiran, pendapat, atau hinaan orang lain adalah hal kesekian yang bisa kita pikirkan. Selama kita nyaman dengan hidup kita, dan mendapat dukungan dari orang-orang terdekat, tidak ada alasan untuk melihat dunia dengan pandangan negatif. Lekas sembuh Ethan, tetap semangat dan positif ..

(vem/reg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading