Sukses

Parenting

4 Cara Memasuki dan Memahami Dunia Autisme Anak

Menjadi orang tua adalah suatu tanggung jawab besar dan berat. Akan ada banyak masalah dan rintangan yang akan dihadapi orang tua saat membesarkan dan mendidik anak. Salah satu hal yang saat ini banyak dihadapi orang tua adalah mengasuh anak autis.

Mempunyai anak autis memang menjadi tantangan besar untuk setiap orang tua karena perlakuan yang berbeda untuk anak autis. Dikutip dari rmhealthy.com, ada sekian hal yang bisa Anda lakukan sebagai orang tua untuk memahami dunia anak autis, seperti berikut ini.

    Ikuti apa yang mereka suka

    Setiap anak memiliki kesukaan dan ketidaksukaan terhadap sesuatu. Jika anak memiliki ketertarikan tersendiri dengan seni menggambar misalnya, coba kejutkan mereka memberi buku gambar atau cat warna agar mereka bahagia. Dukung apa yang mereka lakukan selama itu positif.

    Jauhkan apa yang membuat mereka takut

    Jika anak Anda takut kegelapan atau takut hewan tertentu, jauhkan sebisa mungkin ketakutan mereka. Buat ruangan mereka terang dan tidak mengundang rasa takut. Ini akan membuat anak autis lebih tenang.

    Dorongan dan dukungan

    Setiap anak pasti punya mimpi dan ingin menjadi seseorang atau cita-cita. Biarkan mereka berimajinasi, dukung dan ikuti mau mereka. Penuhi keperluan yang bisa meningkatkan aktivitas otak mereka.

    Ajarkan keterampilan kreativitas

    Hal ini akan melatih banyak hal, baik psikomotorik maupun kognitif. Misalnya menggambar, bermain dengan cat warna, dan lain sebagainya yang membuat mereka menunjukkan aktivitas seni.

Itu empat hal positif yang bisa Anda lakukan untuk anak Anda yang autis. Tidak mudah memang, namun usahakan untuk selalu memberikan yang terbaik dan tepat untuk anak, karena setiap anak autis pun bisa saja membutuhkan perlakuan yang berbeda.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading