Sukses

Parenting

Tips Aman Saat Memandikan Si Kecil

Saat-saat memandikan bayi bisa menjadi momen yang menyenangkan sekaligus momen untuk memerkuat ikatan antara Bunda dan si kecil. Namun, jika tidak berhati-hati dan ceroboh saat di kamar mandi, maka momen memandikan bayi justru bisa berubah menjadi momen yang berbahaya.

Maka dari itu, Bunda perlu mengetahui hal-hal apa saja yang perlu dilakukan supaya tidak terjadi kecelakaan saat memandikan bayi Anda. Nah, untuk membantu Bunda sekalian, berikut ini ada beberapa tips aman saat memandikan si kecil yang dilangsir dari laman babycenter.com.

1. Hal pertama yang perlu Bunda ketahui adalah jangan mengajari si kecil untuk berdiri saat berada di bathup atau bak mandi. Sekali saja Bunda mengajari bayi Anda untuk berdiri, maka ia akan mencoba dan lama-lama terbiasa untuk berdiri di bak mandi. Padahal bayi yang masih kecil sangat rawan terpeleset jika ia berdiri di bak mandi.

2. Saat memandikan bayi, pastikan Bunda menggunakan air bersih yang bebas dari sabun karena sabun dan shampo bisa membuat kulit si kecil menjadi kering. Untuk menghindari bayi berendam terlalu lama di air yang mengandung sabun, maka biarkan si kecil bermain dulu, lalu segera bersihkan tubuhnya setelah itu.

3. Jika Bunda menggunakan water heater untuk menyiapkan air hangat bayi Anda, maka set suhu air menjadi 48 °C. Air yang terlalu panas untuk memandikan bayi bisa menyebabkan kulitnya melepuh. Bunda juga bisa menambahkan air dingin jika air masih terasa terlalu panas untuk si kecil.

4. Jangan biarkan si kecil menyentuh kran air meski saat ini ia masih belum bisa untuk menggerakkannya. Seiring bertambahnya usia, buah hati Anda tentu akan dapat menggerakkan kran air dan hal tersebut bisa menyebabkan kecelakaan jika ia tidak diawasi dengan baik. Maka dari itu, selagi masih bayi jangan kenalkan kran air pada buah hati Anda.

5. Jauhkan alat-alat elektronik dari jangkauan buah hati Anda, seperti misalnya pengering rambut atau pengeriting rambut. Jika si kecil bermain dengan alat-alat elektronik tersebut tanpa sepengetahuan Anda, maka bisa terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan. Oleh sebab itu, sebisa mungkin jauhkan alat-alat elektronik di kamar mandi dari jangkauan bayi Anda.

6. Bunda mungkin ingin mengajak si kecil bermain dengan menambahkan bubble bath saat memandikan bayi Anda. Sebelumnya, ketahuilah bahwa bubble bath dapat berpotensi menginfeksi uretra atau saluran kencing yang bisa menyebabkan infeksi saluran kencing pada bayi. Jadi, ada baiknya Bunda menghindari penggunaan bubble bath untuk si kecil.

Semoga tips di atas dapat bermanfaat ya, Bun.

Oleh : Lies Nureni

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading