Sukses

Parenting

Kenali Gangguan Kesehatan yang Umum Dialami Si Kecil

Karena system kekebalan tubuh anak yang masih belum kuat, maka wajar jika buah hati anda rentan terhadap penyakit. Oleh karena itu, penting bagi ladies untuk mencegah tindakan preventif agar anak anda tidak mudah terserang penyakit.

Berikut ini adalah beberapa jenis penyakit yang umumnya menyerang anak-anak, seperti dikutip dari laman babycenter.com.

Pertama, alergi. Ada bermacam-macam alergi yang bisa menyerang buah hati anda yang masih bayi. Misalnya alergi jenis makanan tertentu, alergi laktosa, alergi bulu hewan, atau alergi debu. Tanda umum alergi yang ditunjukkan oleh anak adalah bersin, pilek, batuk, atau gatal. Hati-hati jika alergi anak bisa menyebabkan reaksi yang lebih parah, misalnya sesak nafas dan bengkak di beberapa bagian tubuh.

Selain alergi, gangguan kesehatan lain yang juga umum dialami oleh anak-anak usia bayi dan balita adalah flu. Penyakit yang disebabkan oleh virus ini biasanya ditandai dengan demam, batuk, dan pilek. Anda bisa meminimalisir penyakit yang satu ini dengan memberikan vaksin flu kepada si kecil ketika mereka berusia 6 bulan. Selain vaksin, flu juga bisa dicegah dengan menjaga kebersihan. Cuci yangan si kecil dengan sabun dan pastikan semua anggota keluarga yang dekat dengan buah hati anda juga menjaga kebersihan.

Jenis gangguan kesehatan ketiga yang juga sering menyerang anak-anak adalah konstipasi. Sulit buang air besar pada anak ini biasanya terjadi ketika si kecil makan makanan yang mengandung sedikit serat, misalnya sereal. Selain makanan padat, susu formula yang ladies berikan kepada si kecil juga bisa menjadi penyebab konstipasi anda.

Kebalikan dari konstipasi, diare adalah gangguan kesehatan yang juga umum terjadi pada anak-anak. Beberapa penyebab terjadinya diare pada anak adalah infeksi virus, infeksi bakteri, parasite yang mendiami perut, antibiotic, terlalu banyak minum jus, dan alergi makanan. Ketika buah hati anda mengalami diare, berikan lebih banyak air minum untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

Gangguan kesehatan yang menyerang kulit juga merupakan common illnesses yang menyerang buah hati anda. Ruam-ruam merah yang muncul di kulit bayi akibat popok adalah jenis gangguan kulit yang paling sering terjadi. Selain ruam-ruam merah, “jerawat” bayi dan eczema adalah penyakit kulit yang umum menyerang bayi.

Terakhir, demam. Demam terdengar sepele, namun ternyata anda tidak bisa mengentengkan penyakit yang satu ini, ladies. Khususnya jika anak mengalami demam yang sangat tinggi. Segera hubungi dokter jika buah hati anda mengalami demam tinggi.

Oleh : Pravianti

 

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading