Sukses

Parenting

Anak Terkena Gastroenteritis, Bagaimana Menyembuhkannya?

Gastroeneritis merupakan penyakit yang menyerang sistem pencernaan yang disebarkan oleh virus. Sama seperti penyakit flu yang mudah menyebar melalui udara, penyakit yang satu ini juga dapat menyebar dengan cepat.

Penyakit ini biasanya ditandai dengan diare pada anak. Namun jangan terlalu terburu – buru menyimpulkan bahwa buah hati Anda terkena gastroeneritis, Moms. Karena tidak semua diare disebabkan oleh penyakit ini.

Kenali dulu apa saja yang menjadi gejala – gejala dari penyakit yang menyerang sistem pencernaan ini Moms. Seperti yang dilansir dari laman www.healthline.com, bahwa gastroeneritis memiliki beberapa gejala salah satu diantaranya adalah diare dan muntah – muntah. Frekuensi muntah anak akan lebih sering terjadi dibandingankan dengan orang dewasa. Dan jika muntah – muntah ini terus berlanjut hingga dalam kurun waktu 24 jam, maka ini merupakan sebuah tanda jika anak memang terjangkit penyakit gastroeneritis.

Cara yang paling mudah untuk merigankannya adalah dengan cara beristirahat. Sama seperti penyakit – penyakit lainnya, istirahat yang cukup mungkin akan dapat membantu meringankan sedikit keluhan.

Karena tubuh anak – anak juga membutuhkan tenaga untuk melawan virus yang menyebabkan gastroeneritis. Dengan tidur atau beristirahat, maka tubuh anak akan membentuk perlawanan terhadap virus tersebut yang memungkinkan untuk memberika kesembuhan dari penyakit ini.

Saat terjangkit penyakit gastroeneritis ini, tubuh anak akan banyak mengeluarkan cairan Moms. Seperti halnya ketika ia muntah – muntah atau diare, maka tubuh anak akan mengalami dehidrasi. Untuk mencegah dehidrasi itu terjadi, maka pada saat seperti ini peran air sangatlah dibutuhkan. Berikan anak Anda minum yang lebih banyak dari biasanya agar cairang yang ada di dalam tubuhnya menjadi seimbang. Tapi ingat Moms, hanya berikan air putih untuk anak And, karena minuman lain selain air putih, seperti teh atau jus buah, mungkin malah akan membuat penyakit tersebut malah semakin parah.

Usahakan juga anak tetap makan Moms. Karena jika tidak, maka tubuh anak akan semakin melemah. Jangan paksakan ia untuk makan – makanan yang macam – macam. Cukup dengan memberinya roti, atau bubur atau mungkin juga sereal. Sedikit pisang juga bisa membantu mengurangi diare anak loh Moms.

Tapi, jangan terlalu memaksakan anak untuk makan, jika memang ia merasa mual setelah makan. Jika anak bisa makan (tidak mual saat ia makan), maka hindari makanan yang mengandung kafein, susu, lemak tinggi dan makanan – makanan yang pedas. Karena makanan – makanan seperti ini dapat memperparah mual dan juga gejala muntah pada anak. Jika memang buah hati Anda masih saja belum menunjukkan perubahan yang positif, maka mungkin itulah saatnya Anda harus menghubungi dokter.

Oleh  : Apreel Linda

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading