Sukses

Parenting

Bagaimana Mencegah Anak dari Flu

Penyakit bisa ada di mana – mana. Mulai dari di tempat sang buah hati biasa bermain, atau bahkan di rumah sendiri. Apalagi yang namanya flu. Penyakit yang ditularkan melalui virus ini, sangat cepat sekali penyebarannya dan dapat menganggu kesehatan buah hati Anda.

Namun yang perlu dikhawatirkan adalah fakta bahwa anak – anak lebih rentan terhadap virus ini Moms. Apalagi anak yang masih berumur di bawah 5 atau 6 tahun.

Mengapa anak lebih rentan? Jelas karena mereka masih belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang sempurna. Apalagi anak – anak yang memang dari kecil sudah memiliki penyakit yang kronis.

Sistem kekebalan tubuh mereka cenderung lebih lemah atau berkembang sedikit lebih lambat dibandingkan dengan anak – anak lainnya.Lantas bagaimana melindungi si buah hati dari serangan flu apalagi untuk mereka yang masih di bawah 6 bulan?

Dalam sebuah artikel yang ditulis pada laman www.flu.gov disebutkan bahwa memberikan vaksin untuk anak pada umur 6 bulan sangatlah penting untuk mencegahnya dari berbagai penyakit. Bukan hanya bagi anak – anak yang sehat dan tidak mengidap penyakit kronis saja, namun juga bagi mereka yang didiagnosis menderita penyakt kronis seperti asthma.

Namun Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter mengenai vaksin apa yang dapat diberikan kepada anak – anak mengidap penyakit kronis dan kapan waktu yang tepat untuk memberikannya.Bagi anak yang masih berumur di bawah 6 bulan, mereka masih belum waktunya untuk mendapatkan vaksin untuk penyakit.

Untuk menanggulanginya Anda dapat menjaga buah hati Anda jauh dari jangkauan tempat – tempat yang berpotensi untuk menularkan penyakit. Berikan ia selalu asupan ASI yang cukup sehingga sistem kekebalan tubuhnya dapat cepat berkembang. Dan jika memang Anda tidak dapat mengawasi keadaan si buah hati setiap harinya. Pastika bahwa orang yang merawatnya juga sehat dan tidak sedang terkena penyakit flu.

Akan lebih baik jika kalau baby sitter atau orang yang menjaga anak Anda terkena flu, agar tidak mendekat kepada anak Anda. Usaha pencegahan minimal dapat dilakukan dengan menggunakan masker sehingga virus flu tidak menyebar kemana – mana dan sehingga tidak dapat menulari sang buah hati.

Nah Moms, jika anak terlanjur terkena virus flu, maka segera lakukan perawatan ringan. Tapi ingat, jangan memberi anak di bawah umur 5 tahun obat flu atau obat lainnya dari apotik terlebih dahulu.

Jika memang flu yang diderita semakin parah, maka segera bawa anak Anda ke dokter sehingga ia mendapatkan perawatan yang lebih intensif. Rawatlah sang buah hati dengan telaten sampai flu yang ia derita menjadi agak mendingan atau sembuh total.

Oleh : Apreel Linda

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading