Sukses

Parenting

Beberapa Obat Ini Bisa Membahayakan Kesehatan Buah Hati Anda

Ladies, orang tua mana sih yang tidak ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya? Apalagi kalau mereka sedang sakit, pasti semua perhatian tercurah untuk mencari cara terbaik agar mereka bisa sehat dan ceria kembali seperti sedia kala. Yang harus diperhatikan adalah, ketika kita dalam kondisi yang panik seperti ini, kita tetap tidak boleh memberikan obat yang dijual bebas di toko-toko tanpa saran dokter karena kondisi imun mereka yang masih lemah. Sehingga, obat apapun yang akan mereka konsumsi sebaiknya kita konsultasikan dulu kepada dokter kepercayaan keluarga.

Untuk informasi, berikut ini adalah beberapa obat yang tidak seharusnya kita berikan kepada baby kita, seperti yang dilangsir oleh laman babycenter.com.

Obat Anti Mual
Jangan pernah memberikan obat anti mual kepada baby, kecuali kalau memang dokter Anda merekomendasikan. Sebaiknya, kita tetap tenang saat baby mengalami mual dan muntah, karena kebanyakan kasus muntah pada bayi ini tidak bertahan lama dan mereka akan baik-baik saja bahkan tanpa obat sekalipun. Apalagi obat anti mual ini memiliki resiko yang tinggi pada bayi dan komplikasi yang lainnya. Namun, kalau memang si baby sudah mulai dehidrasi atau kekurangan cairan, usahakan untuk mengontak dokter secepatnya ya, Ladies. Jadi kita bisa mengetahui lebih cepat apa yang seharusnya kita lakukan.

Obat Untuk Orang Dewasa
Walaupun diberikan dalam jumlah yang sedikit, obat untuk orang dewasa akan sangat berbahaya untuk baby. Kalau di dalam labelnya tidak ada yang menyatakan bahwa obat tersebut cocok untuk bayi dalam usia dan berat badan tertentu, Anda sebaiknya tidak memberikan obat tersebut kepada buah hati Anda ya. Nah, supaya lebih aman, sebaiknya kita mengkonsultasikan dulu obat-obatan yang akan kita berikan kepada baby kepada dokter ya, Ladies.

Obat yang Diresepkan Untuk Orang Lain
Ladies, terkadang kita mengetahui beberapa orang memberikan obat kepada baby, padahal obat tersebut diresepkan oleh dokter untuk kakaknya misalnya. Karena menderita penyakit yang sama, mungkin kita beranggapan kalau harusnya kita juga memberikan obat yang sama. Namun, sebagai orang awam, kita harusnya lebih berhati-hati dengan hal ini ya. Kita tidak pernah tahu apa saja kandungan yang ada di dalam obat tersebut, dan bagaimana dosisnya untuk usia anak yang berbeda. Jadi, hanya berikan obat yang diresepkan oleh dokter untuk baby kita ya, Ladies.

Nah, dengan mengetahui beberapa obat yang dilarang untuk anak-anak ini, kita sebaiknya lebih berhati-hati ya. Jangan sampai kita ceroboh dan akhirnya kesehatan buah hati tercinta lah yang menjadi taruhannya. Yuk jadi ibu yang smart. Semoga bermanfaat, Ladies.

Oleh: Septia Ningrum

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading