Sukses

Parenting

Beberapa Alternatif yang Bisa Dilakukan Ketika Anak Demam

Setiap orang tua tentunya ingin memberikan treatment yang terbaik untuk buah hati tercintanya. Apalagi kalau mereka sakit, segala cara dilakukan untuk membuatnya sehat dan bisa ceria lagi ya, Moms. Dari sekian banyak penyakit yang mungkin menghampiri si kecil, demam adalah salah satu yang paling sering terjadi.

Benar saja, demam ini ternyata bukanlah masalah utamanya, namun demam terkadang menjadi gejala penyakit lainnya yang lebih serius. Nah, inilah yang membuat kita khawatir ya, Moms. Ketika si kecil demam, ada beberapa hal yang sebaiknya kita lakukan. Berikut ini beberapa alternatifnya, seperti yang dilangsir oleh laman kidshealth.org.

Supply Banyak Cairan ke Tubuhnya
Moms, usahakan untuk memberikan supply cairan dalam jumlah yang cukup ke dalam tubuhnya untuk mencegah dehidrasi. Ini karena demam akan menyebabkan tubuh si kecil kehilangan banyak sekali cairan daripada biasanya. So, Anda bisa memberikan air susu atau air putih, makanan yang banyak mengandung air seperti sop, atau mungkin juga alternatif lainnya.

Namun, hindari minuman dengan caffein dan juga teh karena kedua jenis minuman tersebut malah akan memperparah terjadinya dehidrasi karena akan meningkatkan frekuensi buang air kecil. Nah, jadi cari alternatif minuman yang lainnya ya, Moms.

Nah, dalam beberapa kasus, demam dibarengi juga dengan muntah dan diare. Kalau sudah begini, cairan di dalam tubuh akan akan semakin berkurang tentunya. Salah satu solusinya adalah dengan cara memberikan elektrolit yang khusus dibuat untuk anak-anak untuk mensupply cairan di dalam tubuh. Namun Moms, pastikan kalau Anda sudah berkonsultasi dengan dokter ya sebelum memberikannya kepada si buah hati tercinta untuk memastikan kalau elektrolit ini aman untuk kesehatannya.

Cairan ini banyak tersedia di apotik dan juga supermarket, jadi Anda tidak perlu repot-repot mencarinya ya, Moms. Yang jelas, usahakan untuk tidak memberikan minuman ringan yang lain ya karena beragam jenis minuman ringan ini tidak ditujukan untuk anak-anak. Selain itu, tambahan kandungan gula di dalamnya bisa membuat diarenya semakin parah. Hindari juga buah-buahan dan juga jus apel untuk sementara ini.

Berikan Kesempatan untuk Makan Makanan yang Disukai
Moms, meskipun si kecil sedang sakit, berikan dia kesempatan untuk makan makanan yang disukai ya. Yang jelas, pastikan kalau yang dimakan tidak dalam jumlah yang berlebihan. Sebaliknya, jangan paksa dia untuk makan makanan yang tidak dia sukai. Salah-salah si anak malah malas makan dan berontak. Wah, tentunya kita tidak menginginkan hal ini terjadi ya, Moms.

Pastikan si Kecil Istirahat Cukup
Moms, pastikan kalau si kecil istirahat yang cukup. Namun, istirahat ini tidak harus selalu tidur. Yang jelas, si kecil tidak perlu perlu terlalu aktif bermain untuk sementara.

Semoga bermanfaat.

Oleh: Septia Ningrum

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading