Sukses

Parenting

Memberikan Obat yang Aman pada Si Kecil (Part 1)

Saat si kecil sakit, Moms sudah pasti akan sibuk untuk merawatnya, memberikan obat, menenangkannya, hingga membuatnya nyaman saat tidur. Semua hal tersebut dilakukan Moms agar buah hati tercinta bisa segera sembuh dan bisa kembali ceria seperti biasanya.

Perlu Anda ketahui bahwa anak-anak lebih sensitif terhadap obat-obatan daripada orang dewasa. Salah memberikan dosis atau memberikan obat di waktu yang kurang tepat bisa menyebabkan obat menjadi tidak efektif atau bahkan membahayakan si kecil.

Nah, agar Moms tidak membuat kesalahan saat memberikan obat pada buah hati Anda, berikut ini ada beberapa tips memberikan obat yang aman pada si kecil yang dilangsir dari situs babycenter.com.

Cari info selengkapnya
Pastikan Moms bertanya pada dokter atau apoteker sebelum memberikan obat pada buah hati Anda. Cari tahu apa saja efek samping yang mungkin ditimbulkan dari obat yang akan diminum si kecil. Cari tahu pula berapa lama obat tersebut dapat bekerja dan berapa lama resep obat harus diminum si kecil.

Moms juga perlu menanyakan kapan obat tersebut diminum oleh si kecil, apakah sebelum atau sesudah makan. Cari tahu apa saja yang tidak boleh dilakukan atau makanan apa yang perlu dihindari saat minum obat tersebut. Ketahui pula berapa dosis yang harus diberikan pada anak Anda serta kapan harus memberikan obat tersebut.

Berikan dosis yang tepat
Masalah yang sering dihadapi pada orang tua adalah tidak dapat memberikan dosis obat yang tepat untuk anaknya. Beberapa orang tua tidak dapat memberikan dosis obat yang tepat karena salah membaca label atau salah dalam menakar dosis yang seharusnya diberikan untuk anaknya.

Untuk dapat memberikan dosis yang tepat, pastikan Moms telah membaca label obat dengan seksama dan mengikuti prosedur yang ada dengan cermat. Jika label obat kurang jelas atau Anda bingung dalam membaca labelnya, Moms bisa segera bertanya pada dokter atau apoteker terdekat.

Gunakan alat ukur yang tepat
Salah satu cara agar dapat memberikan dosis obat yang tepat adalah dengan menggunakan alat ukur yang tepat pula. Menggunakan sendok yang ada di dapur bisa menimbulkan kesalahan karena ukurannya yang bervariasi. Pastikan Moms menggunakan sendok takar, cangkir ukur, atau pipet khusus untuk minum obat.

Untuk bayi, menggunakan pipet dapat memudahkan obat masuk ke dalam mulut hingga tenggorokannya. Gunakan sendok saat buah hati Anda sudah lebih besar dan dapat minum obat dari sendok.

Ingin tahu tips memberikan obat yang aman pada si kecil yang lainnya? Jangan lupa simak terus artikel selanjutnya ya, Moms.

Oleh: Lies Nureni

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading