Sukses

Parenting

Memberikan Obat yang Aman pada Si Kecil (Part 2)

Ibu mana yang tidak bingung saat anaknya yang biasanya ceria tiba-tiba jatuh sakit? Semua ibu termasuk Moms pasti akan bingung dan repot saat buah hati tercintanya jatuh sakit. Moms akan segera membawanya ke dokter dan merawatnya agar si kecil kembali sehat lagi.

Karena anak-anak lebih sensitif terhadap obat-obatan, Moms perlu memberikan obat dengan dosis dan dalam waktu yang tepat. Di artikel selanjutnya telah disebutkan beberapa tips untuk memberikan obat yang aman pada anak-anak.

Selain itu, berikut ini masih ada beberapa tips lainnya agar Moms dapat memberikan obat yang aman pada si kecil yang dikutip dari laman babycenter.com

Memberikan obat di waktu yang tepat
Pastikan Moms telah membaca label obat dengan cermat sehingga paham kapan harus memberikan obat pada si kecil. Apakah tiga kali sehari, empat kali sehari, atau tiap enam jam sekali? Jika Anda bingung kapan saja waktu untuk memberikan obat pada si kecil, maka segera hubungi dokter.

Apabila Moms merasa sudah memberikan obat setelah beberapa hari, tapi tubuh si kecil belum membaik, maka sebaiknya Anda menghubungi dokter. Lebih lanjut, jika si kecil harus minum antibiotik, maka jangan lupa untuk memberikan antibiotik tersebut hingga habis agar infeksi bakteri yang timbul bisa benar-benar sembuh.

Bantu si kecil minum obat
Sebagian besar obat tentu memiliki rasa pahit yang tidak disukai oleh anak-anak. Untuk memudahkan si kecil agar mau minum obat, Moms bisa meminta apoteker untuk mencampur obat tersebut dengan menambahkan rasa lain yang lebih enak dan disukai oleh anak-anak.

Apabila buah hati Anda sudah dapat memakan makanan padat, maka Moms bisa meminta pada dokter untuk memberikan obat dalam bentuk tablet agar Anda bisa mencampurnya dengan makanan lain. Jika mencampur obat dengan makanan, pastikan si kecil memakan makanan tersebut hingga habis.

Simpan obat dengan baik
Baca label obat dengan seksama untuk mengetahui cara penyimpanan yang tepat dari obat tersebut. Namun, jika label obat telah hilang, maka segera buang obat tersebut dan jangan mengambil risiko dengan menyimpannya sembarangan yang justru bisa merusak obat tersebut.

Beberapa obat perlu disimpan di tempat yang sejuk baik di rumah maupun saat di perjalanan. Sedangkan beberapa jenis antibiotik perlu disimpan di dalam kulkas. Hindari menyimpan obat di dalam lemari di kamar mandi karena uap dari shower bisa membuat temperatur menjadi hangat dan lembab.

Nah, bagaimana, Moms? Tidak sulit bukan memberikan obat yang tepat dan aman pada si kecil? Semoga tips di atas membantu Anda dalam merawat si kecil yang sedang sakit.

Oleh: Lies Nureni

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading