Sukses

Parenting

Mitos dan Fakta Dibalik Perkembangan Bayi (Part 1)

Saat memiliki bayi, Moms pasti akan dihadapkan dengan berbagai cerita mengenai pertumbuhan dan perkembangan bayi. Beberapa di antara cerita tersebut terkadang terselip mitos yang sudah ada sejak lama dan tak jarang mitos tersebut membuat Moms bingung akan fakta yang sesungguhnya.

Jadi, mana yang mitos dan mana yang fakta tentang perkembangan bayi? Agar Moms tidak bingung dan memiliki persepsi yang salah, berikut ini ada beberapa mitos dan fakta dibalik perkembangan bayi yang telah dirangkum dari situs parents.com.

Mitos: Mainan mahal dan canggih dapat membuat bayi menjadi lebih pintar.
Fakta: Sampai saat ini tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa bayi yang menggunakan mainan mahal dan canggih lebih pintar daripada bayi yang menggunakan mainan lebih sederhana. Saat bayi mulai mengenal lingkungannya, stimulasi dari lingkungan lebih penting daripada mainan yang diberikan untuk bayi.

Hal yang lebih penting adalah bagaimana si kecil bermain dengan mainannya, bukan mainan apa yang digunakannya saat bermain. Bantulah buah hati Anda untuk meningkatkan kemampuan motorik, verbal, kinestetik, dan kemampuan lainnya dengan mengajaknya bermain dengan beberapa mainan yang berbeda.

Mitos: Tidak perlu khawatir jika anak Anda mengalami terlambat bicara, nanti ia pasti bisa bicara dengan sendirinya seiring bertambahnya usia.
Fakta: Moms, Anda perlu segera mengambil tindakan jika Anda melihat tanda-tanda terlambat bicara pada si kecil. Sebagai orang tua, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja dan bagaimana tanda-tanda terlambat bicara pada anak.

Jangan kira bayi yang diam saja adalah yang manis karena tidak pernah rewel. Bisa jadi buah hati Anda yang selalu diam mengalami terlambat bicara. Deteksi sedari dini bisa mengetahui apakah buah hati Anda menderita autism atau gangguan kognitif lainnya dan Anda pun bisa segera mengambil tindakan selanjutnya.

Mitos: Anak terakhir dalam keluarga besar akan selalu terlambat berbicara.
Fakta: Urutan kelahiran bayi memang bisa memengaruhi bahasa dan kemampuan berbicaranya, namun tidak selalu menjadi faktor penentu utama. Moms memang harus waspada mengenai gangguan berbicara pada bayi dengan mengetahui tanda-tandanya, tapi Anda juga perlu berpikir rasional dalam memandang masalah terlambat bicara pada anak.

Urutan kelahiran bayi hanya memberikan sedikit pengaruh terhadap kemampuan berbicara seorang anak dan setiap keluarga pun pasti berbeda dengan keluarga lainnya. Meski hal tersebut hanya mitos saja, Moms tetap harus waspada terhadap tanda-tanda gangguan berbicara pada buah hati Anda.

Masih ada beberapa mitos dan fakta tentang perkembangan bayi yang lainnya di artikel berikutnya. Jadi, jangan sampai ketinggalan informasi penting di artikel selanjutnya ya, Moms.

Oleh: Lies Nureni

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading