Sukses

Parenting

Wah, Kegiatan Memasak Bersama Keluarga Ternyata Punya Segudang Manfaat!

Kehangatan dan kedekatan keluarga bisa diperoleh dengan cara-cara yang terbilang sederhana lho. Salah satunya adalah kegiatan memasak bersama. Saat memasak bersama-sama, maka semua anggota keluarga bisa berkumpul. Manfaatnya pun sangat banyak.

Psikolog Dra. Ratih Andjayani Ibrahim, MM. Psi mengatakan bahwa ada banyak manfaat positif yang diperoleh dari momen makan bersama di meja makan. "Momen makan bersama menjadi sebuah kekuatan yang terungkap melalui interaksi antar anggota keluarga. Hal ini berlaku di keluarga saya yang selalu menjadikan momen makan masakan rumah merupakan sebuah tradisi," kata Ratih saat ditemui pada acara Royco di Menteng Jakarta Pusat Selasa 7 April 2015.

Dra. Ratih Andjayani Ibrahim, MM. Psi. | Foto: dok. Vemale

Menurutnya, sekarang ini tak hanya ibu-ibu saja yang memasak, bapak-bapak pun ikut memasak. Sehingga kegiatan masak memasak di rumah bisa menjadi termasuk momen istimewa untuk melakukan mendekatkan semua anggota keluarga. Selain itu, manfaat yang bisa didapat adalah kedekatan dengan anak bisa semakin erat dan makan yang dibuat juga lebih sehat karena dimasak dengan bahan pilihan keluarga sendiri.

"Kegiatan masak memasak di rumah selain meninggalkan kesan yang indah, anak-anak akan menjadi sangat luar biasa dan cemerlang, itu semua akarnya dari rumah. Walau hanya kegiatan sederhana namun dampaknya ke masa depan," jelasnya.

Bagi Ratih, kegiatan memasak dan makan bersama merupakan suatu terapi sehat yang dilakukan orang tua bersama anak-anak, untuk menjadikan keluarga yang sehat. Selain itu, makan bersama membentuk karakter seorang anak.

Lalu bagaimana ya supaya kegiatan memasak dan makan bersama keluarga ini bisa lebih maksimal? "Kalau di rumah saya sarankan ke keluarga-keluarga ritual makan bersama perlu dijadikan kebiasaan setiap hari, kalau waktu adanya di pagi hari bikinlah makan bersama di pagi atau kalau malam ya malam. Dari makanan yang sederhana saja, momen yang sangat indah dan waktu yang bersama-sama saat mencicipi dan dinikmati bersama itu menjadi kenangan yang indah seumur hidup," tutup Ratih.

Wah, ternyata kegiatan memasak bersama keluarga bisa punya banyak manfaat positif, ya Ladies. Mulai dari sekarang, yuk bangun karakter anak dan tingkatkan kedekatan dengan semua anggota keluarga melalui kegiatan sederhana dan seru ini.

(vem/yun/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading