Sukses

Parenting

Bunda, Mari Kenali Kanker Pada Anak, Penyebab Dan Gejalanya

Salah satu penyakit mematikan yang ditakuti oleh hampir semua orang adalah penyakit kanker. Perlu Anda ketahui, kanker tidak hanya menyerang orang dewasa saja. Namun, sudah banyak kasus yang menyebutkan anak-anak juga rentan terhadap kanker. Sampai saat ini, belum diketahui pasti gejala umum seseorang terjangkit kanker apalagi jika itu terjadi pada anak-anak. Tidak seperti pada orang dewasa, anak-anak lebih rentan terhadap beberapa jenis kanker. Dilansir dari laman cancer.gov, ada 3 jenis kanker paling umum yang diderita anak-anak.

    Apa Saja Kanker Pada Anak Tersebut?

    Dari berbagai kasus dan data penelitian, anak-anak lebih rentan mengidap kanker darah (leukimia), kanker yang menyerang sistem kekebalan tubuh (limfoa) dan tumor ganas yang biasa menyerang tulang, otak, mata, hati, jantung, pusat saraf serta sel jaringan dalam tubuh. Meskipun kanker jarang menyerang anak-anak, seiring berjalannya waktu nampaknya penderita kanker pada anak-anak selalu bertambah setiap tahunnya.

    Ketika kanker bisa dideteksi sejak dini, beberapa penelitian dan pusat kesehatan menyebutkan bahwa penyakit ini bisa disembuhkan. Meskipun jarang penderita kanker pada anak bisa sembuh total, ketika kanker bisa diketahui sejak dini maka si penderita bisa mendapatkan kesempatan hidup lebih lama. Keberadaan sel kanker yang sulit dideteksi dan tidak bisa sepenuhnya diangkat dari tubuh, hal inilah yang menjadi penyebab penderita kanker bisa didiagnosa dengan penyakit yang sama nantinya. Hal seperti kisah Memiliki Adik Jadi Penyemangat Bocah 8 Tahun Untuk Sembuh Dari Kanker.

    Lalu Apa Penyebab Kanker Pada Anak?

    Sampai saat ini, belum diketahui pasti apa saja penyebab seorang anak bisa menderita kanker. Namun, dari beberapa kasus diketahui bahwa 5 persen dari semua penderita kanker memiliki orang tua atau keluarga yang punya riwayat kanker. Gen yang diwariskan dari orang tua disinyalir membawa sel kanker pada tubuh anak dan inilah yang dipercaya sebagai salah satu penyebab kanker pada anak.

    Janin yang tumbuh dalam rahim seorang dimana ibu ini tengah menderita kanker juga dikatakan bisa menjadi penyebab kanker pada anak. Selain hal tersebut, adanya gen khusus yang membuat sel kanker tumbuh di tubuh juga digadang-gadang sebagai penyebab penyakit kanker. Adanya radiasi dari bahan kimia dan bom atom atau nuklir juga bisa mempertinggi risiko kanker pada anak. Pola hidup tidak sehat, lingkungan yang tidak terjaga dan zat pestisida yang masuk ke dalam tubuh anak juga memicu pertumbuhan sel kanker.

    Gejala Kanker Pada Anak

    Hampir sama dengan orang dewasa, gejala kanker pada anak juga sangat sulit untuk dideteksi. Namun, ketika anak mengalami bengkak di tubuh tanpa penyebab jelas, anak mengalami nyeri badan, badan panas atau flu yang tidak kunjung sembuh, luka di tubuh tanpa penyebab jelas, berat badan anak turun lebih cepat, anak tidak nafsu makan dan sering mengeluh sakit, hal ini bisa dibilang sebagai gejala kanker.


Untuk mengetahui lebih lanjut gejala kanker pada anak, memeriksakan anak ke dokter ketika anak mengeluh sakit sangat diperlukan. Memeriksakan anak ke dokter lebih cepat ketika ia mengeluhkan sakit yang berbeda dari biasanya, akan lebih memudahkan Anda dalam mendeteksi penyakit pada buah hati. Deteksi sejak dini adalah usaha terbaik untuk bisa segera melakukan penyembuhan terhadap suatu penyakit.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading