Sukses

Parenting

Gejala Kanker Darah Pada Anak Bagian IV

Kanker darah bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Tak peduli orang dewasa ataupun anak-anak. Maka dari itu Ladies, tidak ada salahnya lho jika Anda menyimak gejala kanker darah yang mungkin dialami anak.

Gejala kanker darah yang terjadi pada anak adalah sebagai berikut ini, dilansir dari www.cancer.org.
Pembengkakan pada wajag dan lengan
Terjadinya pembengkakan pada pembuluh vena superior atau SCV, pembuluh yang memompa darah dari kepala dan lengan dan kembali ke jantung dan melewati thymus. Namun, sel kanker yang tumbuh di thymus membuat darah kembali ke wajah dan lengan. Kondisi ini sering disebut dengan SVC syndrome yang menyebabkan wajah, lengan, dan dada atas jadi bengkak yang disertai dengan sakit kepala dan demam pada anak serta mengganggu kinerja otak anak.

Sakit kepala dan rasa ingin muntah
Bahkan, sel kanker darah juga menyebar dan menyerang sistem saraf dalam tubuh anak. Seperti yang disebutkan tadi, sistem saraf bahkan yang ada di pusat atau otak yang membuat anak merasa mudah sakit kepala, gangguang pada konsentrasinya, ingin muntah, masalah dengan wajah, serta pandangan yang mulai blur.

Ruam
Sama halnya dengan kulit anak. Aliran darah yang tersendat karena sel kanker leukemia yang mengganggu dapat menimbulkan ruam pada anak. Anak yang menderita acute myelogenous leukemia (AML) dapat dengan mudah mengalami pendarahan dan pembengkakan pada kulit disertai gejala ruam.

Oleh: Rizana

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading