Sukses

Parenting

Video 1 Menit Yang Perlu Ditonton Semua Orang Dewasa Demi Masa Depan

Manusia pada dasarnya punya kemampuan untuk menduplikasi perilaku orang lain. Kita kadang menganggap hal itu remeh dan merasa itu bukan tanggung jawab kita. Padahal, apa yang kita lakukan itu mungkin berdampak pada masa depan kita juga nantinya. 

Anak-anak adalah yang paling sering mengikuti apa yang mereka lihat dari lingkungan sekitarnya. Bagaimana orang tuanya bereaksi, mereka akan mengikuti. Tanpa kita sadari, bahkan yang negatif pun akan mereka pelajari. 

 
Memang terdengar klise bahwa kita perlu menjadi role model yang baik bagi anak-anak, sekalipun itu bukan anak atau adik-adik kita. Namun anak-anak ini adalah cikal bakal budaya dan sosial di generasi mendatang. Ada kalanya kita heran dengan tren pergaulan di masa kini, padahal mungkin saja itu yang mereka pelajari dari kita sekarang.
 
Sebagai contoh yang mudah adalah bagaimana kita mengeluh pada orang lain, bagaimana kita bergosip, bagaimana kita menggunakan gadget dan sejenisnya. Tanpa didampingi bimbingan dari orang tua, anak-anak akan menerima mentah-mentah dan menirukannya dengan cara yang salah.  
 
Mereka pun akan menjadi orang tua bagi generasi mendatang. Bila Anda ingin memiliki anak-anak yang pintar, jalan untuk mewujudkannya bukan hanya dengan belajar. Kita pun perlu menanamkan pelajaran moral, etika dan tingkah laku. 
 
Anak yang pintar secara akademis bisa membuat kita senang. Anak-anak yang ditanamkan pelajaran moral yang baik bisa membuat kita tenang. Karena apa yang anak lihat, itu yang bisa mereka lakukan. 
 
(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading