Sukses

Parenting

Anak Sakit Panas dan Kejang, Apa yang Harus Dilakukan?

Bunda, jangan langsung panik ketika anak sakit panas dan tiba-tiba saja tubuhnya bergerak tanpa kendali alias kejang-kejang. Ya, hal ini memang nampak mengerikan, namun sebenarnya kejang biasa tidak akan menimbulkan kerusakan otak, kelainan-kelainan jangka panjang, ataupun kematian. Apalagi, jika serangan kejang ini mendapatkan pertolongan pertama yang tepat dan cepat. Jadi, apa saja yang harus Anda lakukan?

Ada beberapa hal mudah yang disarankan oleh betterhealth.vic ketika menolong anak yang sedang kejang-kejang. Yang pertama, letakkan anak di lantai yang lapang dan singkirkan semua benda yang bisa terpukul atau tertendang. Baringkan anak dengan posisi menyamping, bukan berbaring telentang. Jangan lupa langsung perhatikan waktu selama kejang ya Bunda, dari dimulainya serangan hingga selesai. Bila perlu, pasanglah timer, dan perhatikan dengan seksama apa saja yang terjadi selama kejang berlangsung. Kedua hal ini penting untuk dilaporkan pada dokter nantinya.

Jangan pernah memasukkan apapun pada anak selama ia kejang, meskipun itu hanya air putih biasa. Jangan coba-coba mengguncang, menampar, atau mengikat anak Anda. Anda tidak bisa “menyadarkan” anak dari kejang dengan cara itu. Apabila serangan kejang itu telah berhenti, jaga agar anak tetap berbaring menyamping dan hadapkan wajah anak ke lantai. Namun, segera panggil ambulans atau siapkan kendaraan untuk membawa anak ke rumah sakit apabila serangan kejang ini tidak berhenti setelah lima menit. Apabila anak berhenti kejang pun, Anda juga tetap harus membawanya ke dokter untuk mendapatkan diagnose pasti apa sebenarnya yang menyebabkan demam anak hingga ia sampai mengalami kejang.

Ingat Bunda, jangan panik dan tetap berkepala dingin, ya.

 

Oleh: Adienda Dewi S.

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading