Sukses

Parenting

Ajarkan 4 Kebiasaan Baik Ini Agar Anak Tidak Mudah Sakit

Anak-anak adalah peniru ulung. Mereka bisa dengan mudah meniru apa yang dilakukan orang dewasa, khususnya orang tua mereka. Nah, sebagai orang tua, kita pun perlu memperlihatkan kebiasaan-kebiasaan baik agar mereka bisa meniru. Salah satunya adalah empat kebiasaan baik yang bisa membantu mereka agar tak mudah jatuh sakit.

    Kebiasaan Mencuci Tangan

    Seperti yang dilansir oleh parents.com, mencuci tangan secara teratur bisa mengurangi peluang penularan penyakit pernapasan dan pencernaan. Ajarkan anak Anda untuk selalu mencuci tangan sebelum makan, setelah makan, atau setelah melakukan aktivitas. Agar kegiatan mencuci tangan bisa lebih menyenangkan, lakukan sambil menyanyikan sebuah lagu ceria. Mencuci tangannya pun harus benar-benar bersih, setidaknya harus menggosok tangan dengan sabun selama 15-20 detik.

    Olahraga dan Beraktivitas Aktif

    Penelitian membuktikan bahwa olahraga ringan yang dilakukan secar teratur bisa memperkecil peluang terkena penyakit flu dan pilek. Dengan olahraga, sirkulasi sel-sel pelawan infeksi bisa lancar. Harley A. Rotbart, M. D., penulis buku "Germ Proof Your Kids: the Complete Guide to Protecting (Without Overprotecting) Your Family from Infections" mengungkapkan bahwa olahraga lebih baik dari obat-obatan yang beredar di pasaran. Jadi ajak anak Anda untuk bersenang-senang beraktivitas aktif di luar ruangan atau sekadar main kejar-kejaran di taman.

    Tidur Cukup dan Teratur

    Biasakan anak Anda untuk tidur secara teratur. Misalnya, beritahukan bahwa pukul 9 malam adalah saatnya untuk tidur. Pada umumnya bayi butuh waktu tidur 14 jam per hari. Sementara anak-anak usia dini butuh 11-13 jam tidur. Tidur dengan jadwal yang rutin dan sama setiap hari juga melatih anak Anda untuk lebih disiplin. Dan pastinya anak Anda bisa terjaga kesehatannya dan terhindar dari serangan penyakit.

    Makan Sayur dan Buah

    Ingin anak Anda memiliki sistem imun yang baik? Penuhi kebutuhan vitamin dan mineralnya dengan cara mengonsumsi buah dan sayur yang cukup. Pilih makanan yang kaya akan vitamin C seperti brokoli, stroberi, dan jeruk, serta yang kaya akan vitamin D seperti ikan tuna, fortified milk (susu dengan tambahan vitamin), dan sereal. Mengonsumsi yogurt dengan probiotik aktif juga bisa meningkatkan ketahanan tubuh.

Jika anak sudah diajarkan kebiasaan baik sejak dini, maka ia pun bisa terus melakukan kebiasaan baik tersebut hingga dewasa. Memang butuh kedisiplinan dan ketegasan, tapi demi kebaikan anak Anda, Anda harus sebisa mungkin memberikan pemahaman dan alasan kenapa kebiasaan ini perlu dilakukan.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading