Sukses

Parenting

Alergi Susu Sapi dan Tingkatannya (Part 1)

Banyak orang mengalami alergi dengan susu sapi. Penyebab alergi susu sapi adalah kesalahan dari sistem imun di dalam tubuh yang membaca protein di dalam susu sebagai zat yang berbahaya.

Ternyata, alergi susu sapi ini terdiri dari beberapa tingkatan.
Kalau si kecil terkena alergi susu sapi, sebaiknya Moms segera ketahui gejala awalnya, sehingga bisa tahu si kecil berada di tingkat berapa alergi yang ia alami.

Dilansir dari gejalapenyakitmu.blogspot.com, ada tiga tingkatan alergi susu sapi, yaitu ringan, sedang dan parah.

Pada tingkatan ringan, si kecil akan mengalami bintik merah dan gatal, sesak napas dan muntah. Sementara pada tingkatan sedang, si kecil akan mengalami diare yang disertai darah, kram pada perut, batuk dan sesak napas, hidung berair, mata berair, ruam gatal di sekitar mulut dan kolik pada bayi.

Pada tingkatan yang sangat parah, si kecil bisa mengalami Anaphylaxis. Ini adalah kasus yang langka, di mana reaksinya bisa mengancam jiwa karena bisa mempersempit dan menyumbat jalan napas. Anaphylaxis adalah sebuah kondisi darurat medis yang memerlukan perawatan dengan suntik epipherine (adrenaline).

Tanda dan gejala si kecil mengalami Anaphylaxis adalah, kerusakan saluran pernapasan, antara lain pembengkakan tenggorokan sehingga si kecil akan sulit bernapas. Wajahnya berkeringat dan ia akan mengalami gatal-gatal dan ia akan mudah terkejut. Selain itu si kecil akan mengalami penurunan darah yang sangat parah.

Oleh: Rana Arinda

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading