Sukses

Parenting

Bagaimana Memberi Pendidikan Seksual Pada Anak Autis?

Anak autis memang memerlukan perhatian khusus dari Anda sebagai orang tuanya. Salah satunya adalah tentang pengetahuan sosial yang diberikan. Anak autis juga memerlukan kehidupan sosial agar kelak saat dewasa ia juga dapat membaur dengan anak-anak non-autis lainnya. Hal ini tentunya menyangkut tentang pengetahuan mengenai seks dan seksualitas.

Yang perlu Anda perhatikan adalah bahwa anak autis lebih rawan terhadap sexual abuse daripada anak-anak yang tidak autis. Kemampuan mereka untuk bertahan dari gangguan orang asing lebih lemah secara insting, sehingga Anda perlu mengajarkan hal ini.

Apa saja yang perlu Anda ajarkan kepada mereka agar terhindar dari sexual abuse? Berikut ini austism.about.com mempunyai solusinya untuk Anda.

1. Ajari tentang circles comfort
Beritahu anak bahwa hanya ada orang-orang tertentu yang boleh menyentuh mereka dan membantu mereka membersihkan diri, melepas pakaian, atau menemani mereka ke tempat-tempat pribadi yakni kamar tidur dan kamar mandi.

2. Good touch and bad touch
Beri pemahaman kepada anak bahwa ada jenis sentuhan yang bisa mereka biarkan dan Anda jenis sentuhan yang harus mereka tolak dengan berani.

3. Ajari cara mengunci kamar dan kamar mandi
Mungkin suatu hari anak akan memiliki acara field trip dan mendapatkan kamar sendiri. Untuk itu, ajari anak untuk bisa mengunci kamar. Saat bermain di taman atau playground, ajari ia untuk berani tidak ditemani di dalam kamar mandi umum dan mengunci pintu.

Biasakan anak untuk selalu menceritakan kegiatannya sehari-hari pada Anda, seperti oral journal, sehingga Anda bisa tahu apabila anak mengalami inappropriate touch atau sexual insult.

 

Oleh: Mazhi

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading