Sukses

Parenting

Kenali Definisi Cacar Sebelum Memilih Obat Cacar

Sebagian besar anak pasti pernah mengalami cacar air. Pemberian obat cacar pada si kecil akan sangat membantu proses penyembuhan si kecil. Namun, sebelum Bunda memberikan obat cacar pada si kecil yang sedang sakit, ada baiknya Bunda mengetahui terlebih dahulu tentang seluk-beluk penyakit cacar pada anak. Dengan begitu, Bunda tidak akan salah dalam memilih obat cacar yang sesuai dengan kondisi si kecil.

Menurut kidshealth.org, cacar air adalah infeksi yang disebabkan oleh virus varicella-zoster. Cacar air adalah penyakit yang umum terjadi pada anak-anak dibawah usia 12 tahun. Cacar air akan menyebabkan rasa gatal dan ruam merah semacam bisul yang berisi cairan bening pada kulit. Bisul berisi cairan bening tersebut bisa muncul hampir di seluruh permukaan tubuh, tak terkecuali pada mata dan bagian genital. Cacar air ini sangat mudah menular, jadi anak yang sedang terserang cacar sebaiknya tetap berada di rumah agar anak yang lain tidak tertular cacar.

Tahukah Bunda bahwa cacar air dapat dicegah dengan pemberian vaksin cacar air (varicella). Vaksin ini akan mengurangi resiko terjangkitnya cacar air pada si kecil. Anak yang telah diberikan vaksin cacar air cenderung mengalami cacar air ringan dan proses penyembuhan yang cepat dibandingkan dengan anak yang belum diimunisasi. Jadi, untuk mencegah terjadinya cacar air yang serius pada anak, sebaiknya si kecil harus mendapatkan vaksin cacar air ya Bunda.

Oleh: Dina Putri Rahmadani

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading