Sukses

Parenting

Kenali Gejala Cacar Air Sebelum Memilih Obat Cacar

Untuk memberikan obat cacar air yang tepat bagi anak, tentu Bunda harus mengetahui berbagai gejala yang ditimbulkan akibat penyakit cacar air. Selain timbulnya bisul yang berisi cairan bening, cacar air juga bisa menyebabkan reaksi lainnya. Reaksi-reaksi tersebut seringkali membuat si kecil merasa tidak nyaman. Oleh karena itu, Bunda sebaiknya memberikan obat cacar yang bisa menyembuhkan cacar dan juga berbagai reaksi yang ditimbulkan.

Menurut kidshealth.org, cacar air sering diawali dengan demam, sakit kepala, radang tenggorokan, dan sakit perut. Reaksi-reaksi tersebut bisa bertahan hingga beberapa hari dengan demam yang berkisar hingga 38,3°C sampai 38,8°C. Cacar air pasti akan menimbulkan bisul berisi cairan bening pada seluruh tubuh. Hal itu diawali dengan ruam merah yang sangat gatal dan bisa menyebar pada seluruh tubuh. Ruam tersebut terlihat seperti jerawat atau gigitan serangga, biasanya besarnya hanya sekitar seperempat inci.

Ruam-ruam merah tersebut berkembang selama 2 sampai 4 hari dan berubah menjadi semacam bisul yang berisi cairan bening. Bisul tersebut nantinya akan pecah dan cairan beningnya keluar sehingga bisul menjadi kering. Bisul yang kering tersebut akan terasa sangat gatal dan meninggalkan bekas luka yang berwarna coklat. Bekas luka akibat cacar air ini agak sulit untuk dihilangkan sehingga kulit kembali seperti keadaan semula. Biasanya rasa gatal yang timbul akibat cacar bisa dikurangi dengan mandi air bersuhu normal serta calamine lotion.

Oleh: Dina Putri Rahmadani

 

 

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading