Sukses

Parenting

Melawan Rasa Gatal dengan Obat Cacar Alami, Berendam

Selain pemberian obat cacar secara medis yang berupa obat-obatan kimia untuk mengatasi cacar air, perawatan lain secara natural juga bisa menjadi alternatif pilihan. Bunda pasti tahu bahwa pemberian obat kimia pada anak akan menimbulkan efek samping yang kurang baik bagi anak.

Obat cacar pada prinsipnya berfungsi untuk membantu si kecil merasa nyaman terhadap reaksi yang ditimbulkan oleh cacar air. Rasa gatal adalah salah satu reaksi yang timbul akibat cacar air. Oleh karena itu, Bunda harus memilih obat cacar apa yang bisa mengatasi rasa gatal pada si kecil tanpa efek samping yang berbahaya.

Rasa gatal seringkali membuat si kecil ingin menggaruk bisul yang berisi cairan bening saat mereka sakit cacar. Tindakan ini sangat berbahaya karena akan memperbesar resiko infeksi bakteri terhadap luka yang ditimbulkan akibat garukan si kecil.

Menurut laman webmd.com, salah satu cara untuk mengatasi rasa gatal saat cacar air ini dalah dengan mandi berendam dalam air hangat. Banyak yang beranggapan bahwa mandi akan semakin membuat bisul menyebar ke seluruh tubuh. Namun, anggapan ini cenderung tidak benar karena mandi justru akan membersihkan bakteri-bakteri yang ada di tubuh.

Air hangat yang akan dipakai berendam akan lebih efektif mengatasi rasa gatal jika dicampurkan dengan bubuk gandum halus. Bubuk gandum ini dipercaya bisa mengatasi rasa gatal akibat cacar air. Selain itu, tambahkan setengah hingga satu cangkir baking soda pada air mandi juga dipercaya akan menghentikan rasa gatal yang timbul akibat cacar air pada buah hati. Namun, jika kedua bahan campuran tersebut sedang tidak tersedia di rumah, maka berendam air hangat dirasa cukup untuk mengatasi gatal.

Oleh: Dina Putri Rahmadani

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading