Sukses

Parenting

Diagnosa Penyakit Darah Leukimia pada Anak

Moms, bila terdapat tanda-tanda mengenai penyakit darah leukimia pada anak, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter. Semakin cepat penanganan akan semakin baik.

Dilansir oleh webmd.com, untuk mendiaknosa anak yang mengalami gejala leukimia, dokter akan memeriksa riwayat kesehatannya terlebih dahulu. Tes dilakukan pada anak untuk mendiaknosa leukimia serta mengenali jenisnya. Berikut tes tahap awal yang dimaksud.

- Tes darah. Tes ini dilakukan untuk mengukur atau menghitung jumlah sel darah dan melihat bagaiamana sel-sel tersebut terlihat.

- Tes sumsum tulang. Pengambilan sumsum tulang dan pengambilan sel dalam tubuh dilakukan untuk mendeteksi lebih lanjut adanya leukimia. Tes ini biasanya diambil dari tulang panggul.

- Pengecekan tulang belakang yang dimaksudkan untuk memeriksa seberapa luas penyebaran sel leukimia dalam cairan yang telah menggenangi otak dan sumsum tulang belakang.

Seorang ahli patologi memeriksa sel yang telah diambil dari tes darah dengan menggunakan mikroskop. Ia juga memeriksa cantoh dari sumsum tulang belakang untuk mengetahui bentukan sel darah dan juga sel lemak.

Tes-tes yang telah dibahas merupakan serangkaian tes awal yang harus dijalani pasien suspek leukimia. Beberapa tes lain mungkin masih harus dijalani untuk mendeteksi jenis leukimia yang menyerang anak, Moms. Selain itu, dari hasil tes-tes, dokter akan dapat menyimpulkan pengobatan-pengobatan seperti apa yang sekiranya diperlukan.

Beberapa tes mungkin diulang pelaksanaannya untuk melihat reaksi si anak terhadap pengobatannya. Memang dalam menghadapi penyakit ini butuh kesabaran dan ketlatenan, Moms.

Oleh : Isti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading