Sukses

Parenting

Kontrol Perkembangan dan Pertumbuhan Anak di Rumah Sakit Hermina (1)

Pertumbuhan dan perkembangan anak akan berbeda pada setiap usahanya. Sekali ia terlambat di usia tertentu, tidak menutup kemungkinan ia akan mengalami keterlambatan di tahapan selanjutnya. Untuk itu, sebagai salah satu rumah sakit ibu dan anak yang peduli terhadap kesehatan keduanya, rumah sakit Hermina menganggap pengontrolan tumbuh dan kembang anak itu penting.

Pada situs resmi rumah sakit Hermina, herminahospitalgroup.com, disebutkan bahwa Klinik Tumbuh Kembang merupakan fasilitas penunjang yang semaksimal mungkin akan membantu ibu menangani masalah pada anaknya. Masalah atau gangguan yang ditemukan terhadap anak yang memicu pada keterlambatannya dinilai dari tahapan perkembangan anak yang standar.

Sebagaimana yang telah dilangsir oleh laman ibudanbalita.com, perkembangan anak mulai usia 1 hari adalah sebagai berikut.

Usia 1-30 hari: diawali dengan kemampuan menghisap air susu ibunya dengan baik setelah dibimbing untuk menemukan puting payudara Anda. Anggota tubuhnya seperti lengan dan kedua tungkai kakinya sudah bisa digerakkan dengan aktif, begitu jugadengan gerakan matanya yang responsive terhadap cahaya.

Usia 1-4 bulan: anak Anda mampu menahan beban kepalanya dengan mengangkat atau menegakkannya. Ia juga sudah dapat menggenggam benda yang sesuai untuk genggamannya yang kecil saat ujung jarinya disentuhkan pada benda tersebut, termasuk salah satunya ujung jari Anda sendiri. Anak Anda juga sudah bisa tersenyum pada orang yang menatap atau tersenyum padanya.

Kenali perkembangan anak mulai usia 4 bulan ke selanjutnya di artikel 2.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading