Sukses

Parenting

Daun Cermai Berkhasiat Mengobati Anak Sakit Perut

Bunda, kalau si kecil merengek kesakitan karena sakit perut, jangan disepelekan ya. Mayoritas sakit perut yang menyerang si kecil bisa jadi diakibatkan oleh pola makan yang kurang tepat dan biasanya dapat diatasi dengan merubah pola makan. Tapi, perlu Anda catat, jika si anak sakit perut tidak hilang dalam waktu satu 24 jam atau lebih, sebaiknya Anda patut waspada akan hal itu.

Tapi jangan khawatir Bunda. Masih ada banyak obat herbal yang tentunya bermanfaat dan berkhasiat untuk meredakan sakit perut pada anak. Salah satunya dengan buah cermai. Mungkin sebagian kalangan masih asing dengan buah yang satu ini. Buah ini rasanya sangat masam.

Bicara mengenai buah cermai, buah Cermai atau yang memiliki Nama Latin Phyllanthus acidus ini merupakan Buah yang memiliki rasa yang asam, daun dari buah cermai ini mempunyai bentuk yang Kecil-kecil dan tidak memiliki banyak ranting.

Dijelaskan pada situs fao.org, kandungan daun cermai sangat banyak lho, seperti mengandung air, saponin, karbohidrat, falvonoida, polifenol, tanin, lemak, dan serat. Lalu khasiat daun cermai ini dapat mengobati sakit perut, memperlancar buang air besar, mengobati tekanan darah tinggi, panawar racun gigitan serangga, dan merawat kulit.

Nah, berikut ini ada resep mebuat ramuan herbal dari buah cermai guna mengobati anak sakit perut seperti dijelaskan oleh oleh Soeparto dalam Jamu Jawa Asli. pertama-tama sediakan 3 gram daun cermai dan setengah gelas air panas. Cuci bersih daun ceremai lalu dikeringkan dan ditumbuk hingga halus. Kemudian hasil tumbukan tersebut diseduh dengan setengah gelas air panas. Setelah dingin, airnya diminum sekaligus bersama ampasnya.

Oleh : Ismaya Indri Astuti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading