Sukses

Parenting

Daun Jati Belanda Dipercaya Mampu Mengobati Anak Sakit Perut

Bunda, orang tua mana yang tega melihat anaknya sakit. Pasti semua orang tua di dunia ini akan cemas melihat anaknya terkena sakit. Penyakit yang kerap kali menyerang anak-anak biasanya ialah sakit perut. Untuk masalah ini, Anda jangan anggap remeh ya, sebab jika anak sakit perut tidak segera ditangani nanti akan berujung fatal lho.

Bicara mengenai anak sakit perut, Anda bisa mengobati si kecil dengan biji jati belanda. Pasti sebagian orang masih merasa asing dengan biji tersebut. Seperti dijelaskan pada situs ars-grin.gov, tumubuhan jati belanda ini mulai dari daun, buah, biji, dan kulit kayu bagian dalam merupakan bagian tanaman yang bisa dipergunakan sebagai obat.

Secara umum, zat utama yang terkandung dari seluruh bagian tanaman adalah tanin dan musilago. Kandungan lainnya yaitu resin, flavonoid, karotenoid, asam fenolat, zat pahit, karbohidrat, kafein, terpen, juga senyawa – senyawa lain seperti sterol, beta-sitosterol, friedelin-3-alfa-asetat, friedelin -3-beta-ol,alkoloida serta karbohidrat dan minyak lemak.

Biji adalah bagian tanaman yang sering dimanfaatkan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Khasiat herba ini telah teruji, seperti kemampuannya menekan risiko diare, mengatasi masalah sakit perut, menurunkan berat badan, hingga mengontrol laju kolesterol.

Nah, berikut ini ada resep membuat ramuan herbal seperti dijelaskan oleh Soeparto dalam Jamu Jawa Asli, yaitu:

Bahan: Sediakan 10 biji jati belanda dan setengah gelas air panas.

Cara pengobatan: Pertama-tama biji jati belanda disangrai kemudian ditumbuk hingga halus. Seduh hasil tumbukan tadi dengan setengah gelas air panas. Minum ramuan ini selagi masih hangat.

Selamat mencoba, Bunda. Semoga berkhasiat.

Oleh : Ismaya Indri Astuti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading