Sukses

Parenting

Kenali Gejala Anak Sakit Perut (II)

Bunda, jika si kecil jangan dianggap remeh ya. Tak jarang anak sakit perut jika salah memilih makanan atau jajan sembarangan. Tapi Anda juga perlu waspada jika anak berulang-ulang mengeluh sakit perut tanpa ada sebab yang jelas. Sebuah studi baru mengatakan hal itu terjadi karena mereka mengalami gejala gangguan kecemasan.

Perlu Anda ketahui, salah satu gejala umum saat anak sakit perut awal mulanya biasanya ditandai dengan perut kembung. Jika si kecil merasa kembung tentunya membuatnya jadi tidak nyaman. Pasti si kecil merasakan perut seperti ditarik dan membuat jantung seperti terbakar akibat gas. Gas dalam perut merupakan udara berat yang diproduksi saat mencerna makanan berserat berat, misalnya seperti kubis.

Dijelaskan pada situs netdoctor.co.uk, perut kembung merupakan gangguan dalam pencernaan yang salah satu penyebabnya adalah pilihan makanan atau waktu makan yang tidak tepat. Normalnya, setiap apa yang dimakan akan diolah dan dicerna dalam usus besar. Di dalam usus besar ini, makanan akan mulai tercerna dengan bantuan dari bakteri tertentu.

Tapi jangan cemas, Bunda. Perut kembung merupakan masalah yang umum, dan kebanyakan orang bahkan anak kecil pasti pernah menghadapinya. Ada beberapa penyebab utama yang menyebabkan produksi gas dalam pencernaan meningkat. Jika si kecil perutnya kembung, Anda bisa memberikan pertolongan pertama dengan mengoleskan minyak kayu putih atau minyak telon ke perut si kecil.

Oleh : Ismaya Indri Astuti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading