Sukses

Parenting

Anak Sakit Perut Obati dengan Buah Kapulaga

Bunda, orang tua mana yang tak cemas melihat anaknya sakit. Apalagi yang si kecil sakit perut, pastinya tidak tega melihat si anak rewel sambil memegangi perutnya yang kesakitan. Banyak sekali hal yang menyebabkan si anak sakit perut, salah satu di antaranya karena makan makanan yang tidak higienis.

Kalau sudah begitu, Anda sebagai orang tua jangan keburu memberi obat-obatan kimia guna mengobati si kecil dari sakit perut. Anda bisa menggunakan buah kapulaga untuk mengobatinya.

Bicara mengenai buah kapulaga, kapulaga ini merupakan salah satu jenis rempah untuk bumbu masakan yang memberikan aroma tersendiri pada masakan. Nama asing kapulaga adalah pai thou kou (bahasa Tionghoa). Orang Yunani menyebut buah itu cardamomom yang kemudian dilatinkan oleh orang Romawi menjadi cardamomum. Dalam bahasa Inggris disebut cardamom. Dalam bahasa Thai disebut krava, elaichi dalam bahasa Hindi, dan elakkaai dalam bahasa Tamil.

Banyak orang menggunakan buah ini sebagai bumbu masakan dan obat. Dijelaskan pada situs herbwisdom.com, kandungan minyak atsiri yang terdapat pada biji kapulaga banyak dimanfaatkan sebagai bahan obat tradisional salah satunya bagus untuk sakit perut, batuk, dan juga sebagai peningkat stamina setelah melahirkan.

Berikut ini ada tips membuat ramuan herbal dari buah kapulaga untuk mengobati sakit perut anak seperti dijelaskan oleh Soeparto dalam Jamu Jawa Asli, yaitu pertama-tama siapkan 5 butir buah kapulaga dan 3 gelas air untuk merebus. Rebuslah kapulaga tersebut dalam 3 gelas air hingga mendidih. Setelah dingin, buahnya dimakan.

Oleh : Ismaya Indri Astuti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading