Sukses

Parenting

Jamu Tradisional untuk Mengobati Penyakit Cacar

Ladies, penyakit Cacar merupakan salah satu penyakit yang biasa terjadi dikalangan masyarakat. Penyakit cacar merupakan penyakit yang biasanya menyerang anak-anak pada usia 3-5 tahun. Namun tak hanya anak-anak usia 3-5 tahun, orang yang diusia lebih dari itu bisa juga terkena cacar, bahkan orang dewasa sekalipun.

Anda harus tahu, seperti halnya dijelaskan pada situs nytimes.com, penyakit cacar dalam bahasa medis disebut dengan Varicella Simplex yang disebabkan oleh virus bernama Varicella Zoster. Virus Varicella Zoster ini merupakan salah satu virus yang sangat mudah menyerang manusia dengan kondisi badan yang lemah.

Seperti yang Anda tahu, penyakit cacar ini dapat terjadi pada siapa saja baik anak-anak maupun dewasa. Maka dari itu, Anda harus tahu betul cara mengobati penyakit ini supaya tidak makin parah. Banyak obat kimia yang bisa menyembuhkan penyakit ini, tentunya pasti ada efek samping. Karena itulah, sebaiknya Anda coba obati dengan ramuan herbal buatan sendiri.

Seperti halnya dijelaskan oleh oleh Soeparto dalam Jamu Jawa Asli, berikut ini adalah resep jamu tradisional untuk mengobati penyakit cacar, yaitu:

Bahan:
- Temu lawak 10 potong.
- Pegagan satu genggam.
- Tempuh wuyung satu genggam.
- Air 500ml
- Madu

Cara membuat:
Campur temu lawak, pegagan, tempuh wuyung dalam air 500ml. Setelah itu rebus bahan, lalu diamkan sampai dingin dan saring. Hasil air tersebut beri madu supaya rasa pahit agak tersamarkan.

Cara pemakaian:
Untuk anak-anak yang terkena penyakit cacar, dua kali sehari dua sendok makan.
Untuk orang dewasa yang terkena penyakit cacar, dua kali sehari empat sendok makan.

OLeh : Ismaya Indri Astuti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading