Sukses

Parenting

Anak Batuk? Bawa ke Dokter Jika… - 1

Saat anak batuk, Bunda pasti khawatir. Meski sudah sering terjadi dan bukan sesuatu yang aneh jika sang buah hati mengalami batuk, namun tetap saja Bunda akan jadi kepikiran. Selain berusaha memberikan obat-obatan yang biasanya umum untuk mengobati anak batuk, memberikan perawatan di rumah, dan sebagainya, Bunda juga akan membawanya ke dokter.

Sebenarnya Bunda tidak perlu memeriksakan kondisi sang buah hati ke dokter jika Bunda sudah mengetahui jenis, penyebab, dan tingkatan batuk anak dengan gejala-gejala yang muncul saat hari pertama dia mengalami batuk. Jika tergolong ringan, Bunda dapat melakukan treatment-treatment di rumah atau memberi obat-obatan sederhana dan umum terlebih dahulu.

Namun, menurut children.webmd.com, Bunda harus segera membawa sang buah hati ke dokter jika pada anak terdapat gejala-gejala sebagai berikut:

- Sulit bernafas atau ada yang bermasalah saat dia bernafas

Jika ini terjadi, Bunda harus mewaspadai karena dikhawatirkan anak mengalami gangguan padasaluran pernafasannya

- Ada gejala muntah-muntah padahal jenis batuk anak tidak berdahak

Jika dia memuntahkan makanannya atau bahkan muntah tapi tidak ada yang dikeluarkan, Bunda harus segera membawanya ke dokter. Namun jika batuknya berdahak dan dia muntah, ini masih bisa dianggap normal karena muntah adalah salah satu cara untuk mengeluarkan dahak yang menyumbat saluran pernafasannya.

- Wajah anak memerah bahkan keunguan saat batuk-batuk

Ini terjadi jika intensitas batuknya sering dan panjang dalam 1-2 menit.

Oleh: Anindita Yurizqi

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading