Sukses

Parenting

Anak Batuk? Bawa ke Dokter Jika… - 2

Pada artikel sebelumnya Bunda telah menyimak beberapa hal yang harus Bunda perhatikan saat anak batuk. Hal-hal tersebut berupa gejala-gejala tertentu yang mengharuskan Bunda untuk segera membawa sang buah hati ke dokter.

Gejala-gejala tersebut dikhawatirkan merupakan indikasi adanya gangguan lain pada tubuh sang buah hati yang cukup parah dan berbahaya jika tidak ditangani lebih lanjut.

Karena biasanya, jika gejala-gejala tersebut muncul, obat yang biasanya Bunda berikan tidak akan ampuh lagi untuk menyembuhkan batuknya karena kebutuhan tubuh anak untuk melawan infeksi yang menyebabkan batuk sudah berbeda.

Jika sudah begitu, seperti yang dijelaskan dalam laman children.webmd.com, satu-satunya hal yang bisa Bunda lakukan adalah membawa sang buah hati ke dokter. Ini dilakukan semata-mata untuk mengetahui kondisi pasti sang buah hati dan apa sebenarnya yang terjadi padanya.

Selain itu, Bunda juga dapat mengetahui obat apa yang sesuai untuk menyembuhkan sang buah hati. Karena jika Bunda masih ngotot memberikan obat yang lama, biasanya tidak akan menghasilkan apapun untuk meredakan batuk anak. Malah terkadang justru akan memperparah kondisinya.

Selanjutnya, mohon Bunda lebih awas ketika ananda kesulitan menelan makanan. Jika sang buah hati membutuhkan waktu lama untuk menelan makanan bahkan minuman karena tenggorokannya sakit, pertama-tama berikan segelas air hangat yang sudah diberi sedikit garam pada anak untuk diminum sedikit demi sedikit terlebih dulu.

Garam yang Bunda masukkan jangan terlalu banyak ya, bahkan usahakan air hangat tersebut tidak terasa asin sama sekali. Jika dalam waktu sehari Bunda telah memberinya treatment ini lebih dari 6 kali namun tidak ada hasil, bawa sang buah hati ke dokter.

Oleh: Anindita Yurizqi

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading