Sukses

Parenting

Anak Batuk? Bawa ke Dokter Jika… - 3

Pada 2 artikel sebelumnya Bunda telah menyimak beberapa hal yang jadi alasan Bunda untuk segera membawa sang buah hati ke dokter saat dia batuk. Selain gejala fisik seperti wajah pucat atau merah keunguan, Bunda juga dapat melihat gejala yang dirasakan anak saat batuk seperti sulit bernafas dan sulit menelan.

Jika Bunda dapat melihat gejala saat anak batuk dan menyesuaikan dengan separah apa kondisi anak, Bunda dapat menentukan apakah sang buah hati hanya perlu diperiksakan ke dokter untuk meminta resep obat yang tepat atau harus dirawat di rumah sakit.

Nah, melihat statement tersebut, sudah jelas sekali bahwa Bunda tidak boleh meremehkan batuk yang dialami anak. Karena batuk bukan hanya berarti infeksi kuman karena makanan, namun juga bisa berarti infeksi yang terjadi di saluran pernafasan.

Jika terdapat beberapa tanda berikut saat anak batuk, Bunda harus langsung membawa sang buah hati ke dokter. Seperti yang dijelaskan dalam laman children.webmd.com, jika sang buah hati sudah terlihat amat sangat kesakitan dan lelah karena batuk yang berkepanjangan dalam 1 tempo tertentu, Bunda harus segera melarikannya ke dokter.

Lalu, jika sang buah hati demamnya cukup tinggi, Bunda juga harus waspada. Jika sang buah hati demamnya mencapai 39 derajat celcius dan kompres hingga obat-obatan pun tidak menurunkan level demamnya atau turun hanya sebentar lalu naik lagi, Bunda harus segera membawanya ke dokter.

Oleh: Anindita Yurizqi

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading