Sukses

Parenting

Anak Batuk? Ini Beberapa Tipe Batuknya - 1

Apakah sang buah hati sedang mengalami batuk? Memang, batuk pada anak merupakan hal yang umum dan sering terjadi. Tetap saja, sebagai seorang ibu, Bunda tidak bisa begitu saja membiarkan sang buah hati kesakitan karena batuk. Selain itu, biasanya anak batuk akan disertai dengan gejala lain seperti pilek dan flu, bahkan ganguan pada sistem pernafasan.

Seperti yang dijelaskan dalam laman childrenshospital.org, terdapat 10 tipe batuk yang dapat dilihat tidak hanya dari jenis dasar batuknya, namun juga dari hal-hal lain seperti suara yang muncul, rasa sakit yang dialami anak, kapan munculnya batuk yang paling sering dalam sehari, dan gejala lain yang mengikuti batuknya.

Batuk ‘Menggonggong’

Batuk ini biasanya diakibatkan oleh croup yang dibawa oleh alergi, perubahan suhu di malam hari, atau biasanya infeksi saluran pencernaan atas.

Saat aliran oksigen anak terhambat, udaranya akan berputar-putar di pita suara, dan membuat anak sulit bernafas.

Anak di bawah 3 tahun yang memiliki croup, biasanya lubang hidungnya kecil.

Croup dapat muncul secara tiba-tiba pada malam hari, yang pasti mengganggu Bunda dan sang buah hati Walaupun kebanyakan kasus croup dapat dirawat dirumah, tapi jika memang croup terjadi, periksakan sang buah hati ke dokter.

Batuk ‘Whooping’

Suara ‘whooping’ yang muncul saat batuk biasanya dikarenakan sang buah hati berusaha menarik nafas yang dalam dan panjang setelah batuk yang berkali-kali dalam satu waktu.

Batuk tipe ini adalah bawaan dari penyakit pertussis yang biasanya muncul karena sang buah hati belum mendapat vaksinasi tertentu

Oleh: Anindita Yurizqi

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading