Sukses

Parenting

Anak Batuk? Ini Beberapa Tipe Batuknya-2

Hai Bunda, pada artikel sebelumnya Anda telah menyimak 2 tipe batuk pada anak. 2 tipe batuk tersebut berdasarkan ‘suara’ yang ditimbulkan saat anak batuk.

Selain suaranya, tipe batuk yang dialami anak dapat dilihat berdasarkan gejala-gejala lain saat sang buah hati berusaha mengambil nafas. Ini ditunjukkan oleh suara batuk yang aneh dan suara yang menyertai nafas sang buah hati.

Apa sajakah tipe-tipe batuk pada anak tersebut? Berikut pembahasannya seperti yang dijelaskan dalam laman kidshealth.org.nz.

Batuk dengan suara melengking

Suara melengking ini muncul saat sang buah hati berusaha mengambil nafas sesaat sebelum merasa akan batuk. Suara melengking ini menjadi tanda adanya sesuatu yang menutupi aliran udara rendah pada saluran pernafasannya.

Biasanya batuk ini dapat disebabkan oleh gangguan pada paru-paru seperti asma, bronchiolitis, atau pneumonia. Segera panggil dokter kecuali sang buah hati memang memiliki masalah pernafasan tersebut dan Bunda sudah menyediakan obat-obatan khusus untuknya.

Stridor

Stridor adalah tipe batuk yang memiliki suara melengking seperti peluit namun disertai dengan nafas yang berisik dan berat saat sang buah hati bernafas. Biasanya, ini disebabkan oleh berputar-putarnya aliran udara atas.

Namun, juga dapat disebabkan oleh epiglottitis atau adanya sesuatu benda yang tersangkut di saluran nafas sang buah hati.

Jika ini terjadi, segera bawa sang buah hati ke dokter

Oleh: Anindita Yurizqi

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading