Sukses

Parenting

Anak Batuk? Kenali Jenisnya

Anak batuk adalah kasus yang sering terjadi. Dari survei kunjungan di puskesmas, hampir sebagian besar kunjungan oleh ibu dan anak dengan keluhan batuk. Tidak hanya batuk biasa yang menjadi keluhan, tapi juga batuk yang disertai sakit atau radang tenggorokan, amandel, flu, hingga batuk yang disebabkan adanya infeksi pada saluran pernafasan.

Apapun penyebabnya atau gangguan lain yang menyertainya, batuk pada anak hanya memiliki beberapa jenis. Jenis-jenis batuk ini dapat ditentukan dari gejala batuk yang dasar. Biasanya, jenis batuk dapat diperhatikan oleh Bunda di masa-masa awal sang buah hati batuk.

Seperti yang dijelaskan dalam laman kidshealth.org.nz, terdapat dua jenis batuk yang paling dasar. Maksud dari jenis batuk yang paling dasar adalah jenis batuk yang murni, tanpa embel-embel penyebab atau gejalanya. Dengan mengetahui dua jenis batuk ini dapat membantu Bunda dalam melihat gejala lain yang mengikuti batuk pada anak.

- Batuk Tidak Berdahak

Batuk tidak berdahak ditandai dengan tenggorokan yang terasa sangat gatal, hidung gatal namun tidak pernah bersin atau beringus, dan suara batuk yang tidak terlalu keras. Batuk tidak berdahak biasanya menyertai gangguan lain pada tubuh sang buah hati seperti iritasi udara kotor dan alergi tertentu.

- Batuk Berdahak

Batuk berdahak pastinya ditandai dengan adanya dahak. Dahak tersebut biasanya berada di paru-paru, hidung, dan pastinya tenggorokan. Dahak yang ada pada paru-paru sang buah hati lah yang harus diwaspadai oleh Bunda.

Oleh: Anindita Yurizqi

 

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading