Sukses

Parenting

Merawat Gigi Pada Anak

Merawat gigi anak biasa dilakukan sejak dini. Pasalnya, perawatan gigi sejak dini akan mencegah terjadinya gigi keropos. Setidaknya ada beberapa hal dasar yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk merawat gigi anak mereka.

Seperti yang dilansir oleh nhs.uk, ada tiga hal paling mendasar untuk merawat gigi anak. Pertama menyikat gigi secara teratur, kedua membawa ke dokter gigi secara teratur dan ketiga mengurangi konsumsi gula.

Untuk membiasakan anak sikat gigi secara teratur orang tua bisa memulaiya pada saat gigi anak sudah tumbuh cukup banyak. Mulailah dengan pasta gigi yang mengandung rasa buah dan tidak terlalu pedas. Pasta gigi mengandung fluoride sudah diwajibkan pada masa ini.

Untuk anak usia di bwah tiga tahun gunakanlah pasta gigi tidak melebihi ¾ bagian dari sikat gigi. Usahakan minimal dua kali menyikat gigi anak dan yang paling penting biasakan anak untuk menyikat gigi sebelum tidur.

Selain membiasakan untuk menyikat gigi, biasakan pula anak untuk pergi ke dokter gigi. Selain melakukan check up secara rutin hal ini juga bisa menghilangkan pikiran negatif yang mungkin timbul terkait dokter gigi.

Selain dua hal diatas, perawatan gigi juga bisa dilakukan melalui makanan. Hindari makanan yang mengandung gula. Pasalnya, makanan dengan kandungan gula jelas bisa merusak gigi dan juga menyebabkan gigi anak cepat keropos.

Wahyu Wienanda

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading