Sukses

Parenting

Pemberian Obat Pada Anak Yang Demam

Ketika anak anda menderita demam yang tidak serius, anda sebagai orang tua tidak perlu repot-repot membawa mereka ke dokter. Setelah anda memastikan bahwa demam yang mereka derita memang benar adalah jenis demam ringan, anda dapat merawat anak anda hingga kedaannya membaik di rumah.

Demam yang ringan memang sebenarnya tidak membutuhkan penganganan khusus. Namun meskipun begitu, masih ada beberapa tindakan yang dapat para orang tua lakukan untuk membantu meringankan keadaan ini, salah satunya adalah dengan memberikan obat penurun demam.

Berikut merupakan beberapa hal yang anda sebagai orang tua harus ketahui tentang memberikan obat pada anak yang sedang demam, berdasarkan situs kidshealth.org.

Jika anak anda sudah berusia lebih dari 2 bulan, anda dapat memberikan mereka obat-obatan seperti acetaminophen or ibuprofen untuk membantu meringankan gejala demam. Namun, pastikan agar anda memberikan obat-obatan tersebut dalam dosis yang tepat sesuai usia mereka, terutama jika anak anda masih berusia 2 tahun ke bawah.

Dijelaskan pula dalam situs ini bahwa, kecuali dengan ijin dan petujuk dokter, anak-anak sebaiknya tidak diberikan aspirin. Hal ini karena dikhawatirkan pemberian aspirin yang tidak pada tempatnya akan justru menjadi salah satu penyebab munculnya penyakit yang langka namun cenderung fatal yang bernama Raye syndrome.

Selain itu, pemberian obat-obatan pada bayi berusia kurang dari 2 bulan tanpa seijin dokter anda sangatlah tidak dibenarkan. Jika memang bayi anda menderita demam, daripada anda memberikan obat yang mungkin akan memperparah kondisinya, lebih baik ia segera anda bawa ke dokter.

Ingat, penanganan demam dengan pemberian obat yang tidak tepat justru akan cenderung memperburuk keadaan mereka.

Penulis: Alfi Suci D.

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading