Tips Mencegah Anak Mengidap Diabetes

Rabu, 17 Juli 2013 22:22

(c) shutterstock.com

Vemale.com - Berdasarkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, setiap tahun terdapat 13.000 anak terdiagnosa memiliki penyakit diabetes tipe pertama. Namun, tahukah anda bahwa penyakit diabetes dapat dicegah sejak dini? Berikut adalah tips yang dilansir oleh sheknows.com untuk membantu anda.

Mulailah dari rumah.

Sebagai orang tua, anda dapat melakukan pencegahan penyakit diabetes dengan cara mengendalikan makanan apa saja yang dimakan anak anda. Akan lebih baik apabila anda dapat menjelaskan akibat yang ditimbulkan makanan pada tubuh anak. Anda dapat memulai dengan menjelaskan bahwa makanan yang anak makan memberikan pengaruh pada tubuh anak sehingga anak akan tetap makan makanan yang sehat sekalipun ia berada di luar rumah.

Libatkan anak untuk memilih makanan yang sehat.

Ahli gizi Jennifer Haas dari Nova Medical and Urgent Care Center, Inc menyarankan orang tua untuk melibatkan anak mulai dari pemilihan bahan makanan hingga proses memasak. Dengan cara ini anda dapat mengontrol makanan apa yang dimakan anak dan pada saat yang sama mendidik anak untuk memilih makanan yang sehat.

Libatkan semua anggota keluarga.

Karena anda tidak hanya memasak untuk diri anda sendiri dan anak, adalah hal yang sangat penting untuk melibatkan semua anggota keluarga untuk makan makanan yang sehat. Dengan cara ini semua anggota keluarga akan memberikan contoh yang baik bagi anak untuk ditiru.

Berolahraga secara teratur.

Sheknows.com lebih jauh menyatakan bahwa berolahraga dapat menjaga kadar gula tetep normal. Hal ini penting mengingat kadar gula yang tinggi adalah salah satu pemicu penyakit diabetes.

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/tyn)






ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN ANAK
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

© 2003-2014 Vemale.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.