Sukses

Parenting

Diet Bebas Gluten dan Kasein Bagi Anak Autis (II)

Diet bebas gluten dan kasein atau yang terkenal dengan sebutan GFCF diet (Gluten-free/Casein-free) dipercaya dapat mengurangi gejala autisme pada anak. Apa saja makanan yang mengandung gluten dan kasein yang harus dihindari oleh anak penderita autis? Simak penjelasan yang dikutip dari children.webmd.com.

Makanan yang mengandung gluten

Gluten adalah protein yang banyak terkandung dalam padi-padian seperti gandum. Oleh Karena itu, anak-anak autis dilarang untuk mengkonsumsi roti dan produk-produk makanan yang terbuat dari padi-padian. Untuk mengganti nutrisi yang hilang, berikan suplemen yang mengandung vitamin, mineral, dan serat untuk anak penderita autisme.

Makanan yang mengandung kasein

Kasein adalah protein yang terkandung pada produk peternakan, terutama susu. Untuk itu, anak-anak penderita autis tidak boleh mengkonsumsi susu yang mengandung kasein. Karena diet bebas kasein sangat melarang konsumsi susu dan hasil peternakan lainnya, maka gantilah sumber kalsium dan vitamin D anak dengan jenis makanan lain maupun suplemen yang mengandung kalsium dan vitamin D. Kalsium dan vitamin D sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

Meskipun beberapa produk makanan dilabeli gluten-free dan casein-free, namun ladies harus tetap waspada pada jenis makanan yang mungkin mengandung gluten dan casein. Ladies harus lebih berhati-hati ya dalam membaca label nutrisi yang terdapat pada bungkus makanan.

Pravianti Ayu Mirantiraras

 

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading