Sukses

Parenting

Anak-Anak Mengalami Keracunan Akibat Penggunaan Obat Untuk Orang Dewasa

Tingkat keracunan pada anak akibat obat ternyata meningkat cukup tajam. Salah satu penyebabnya adalah pemberian obat-obatan untuk orang deawasa kepada anak-anak.

Menurut jurnal yang bejudul Adult Prescription Drug Use and Pediatric Medication Exposure and Poisonings yang dilansir oleh healthychildren.org bahwa kasus keracunan pada anak meningkat akibat penggunaan obat-obatan yang diperuntukkan bagi orang dewasa.

Jenis obat-obatan yang diberikan pada anak biasanya meliputi obat diabetes, penurun lemak, penurun kolesterol, beta-bloker dan juga opioid. Kesimpulan semacam ini didapatkan setelah dilakukan penelitian selama lebih-kurang 10 tahun yang dimulai pada tahun 2000 hingga 2009.

Berdasarkan hasil tersebut didapatkan bahwa keracunan tersebut bisanya dialami pada anak berusia lima tahun. Berikutnya kasus keracunan akibat obat ini berkembang kepada anak usia 13 hingga 19 tahun.

Penyebab dari keracunan itu sendiri lebih sering ditemukan pada penggunaan beta bloker. Meski tergolong sebagai penyebab utama, namun pengaruh obat ini terbilang tidak terlalu keras terhadap kasus keracunan.

Berbeda dengan opioid dan juga obat diabetes. Pemberian obat-obatan semacam itu kepada anak memiliki dampak yang sangat serius. Sebagian besar dari kasus keracunan akibat obat-obatan tersebut berakhir dengan dikirimnya pasien ke rumah sakit akibat keracunan berat.

Untuk itu, para peneliti masihingin mengembangkan hasil tersebut guna mencari cara untuk mencegah terjadinya kasus-kasus keracunan pada anak akibat obat-obatan yang hanya diperuntukkan bagi orang dewasa.

Oleh: Wahyu Wienanda

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading