Sukses

Parenting

Penyebab Diare Pada Anak

Diare adalah salah satu gangguan kesehatan yang mudah menyerang anak-anak. Perut anak yang masih sangat sensitif membuatnya mudah terserang diare. Apa saja penyebab diare yang lazim dialami oleh anak?

Seperti yang dikutip dari children.webmd.com, terdapat tiga penyebab diare pada anak.

1.    Infeksi

Infeksi dari virus, bakteri, maupun parasit merupakan penyebab terjadinya diare pada anak. Untuk mengatasi diare karena infeksi pada anak, disarankan agar ladies memberikan larutan oralit kepada anak agar cairan tubuhnya tidak banyak berkurang.

2.    Obat-obatan

Obat-obatan yang dikonsumsi anak seperti laxavites dan antibiotik juga berpeluang menyebabkan diare pada anak. Bila anak mengalami diare karena antibiotik, segera hubungi dokter agar antibiotik yang diberikan kepada anak diganti dengan jenis antibiotik lain.

3.    Keracunan makanan

Diare yang disebabkan oleh keracunan makanan biasanya diikuti dengan muntah. Diare dan muntah karena keracunan makanan biasanya sembuh dalam waktu kurang dari 24 jam. Penanganan untuk diare karena keracunan makanan hampir mirip dengan diare karena infeksi: tetap pastikan agar anak tidak dehidrasi.

4.    Penyebab lain seperti iritasi usus dan alergi makanan.

Ketika anak terserang diare, pastikan agar anak terus mendapatkan pengganti cairan tubuh yang hilang agar tidak sampai dehidrasi. Anak yang terserang diare yang cukup parah rentan mengalami dehidrasi. Bila buah hati ladies yang terserang diare masih berusia bayi, tingkatkan frekuensi menyusui bayi ladies. Sedangkan bila buah hati berusia tiga tahun ke atas, berikan cairan oralit.

Pravianti Ayu Mirantiraras

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading