Sukses

Parenting

Agar Tak Dibantah

Vemale.com-

Bagaimana trik paling tepat menertibkan anak agar mau mendengar? Ini langkahnya.

1. Buat peraturan

Pikirkan hal yang menurut Anda paling penting. Apakah anak tidak boleh meleletkan lidah? Bagaimana dengan penggunaan kata-kata kasar? Jika Anda sudah membuat daftarnya, umumkan pada seluruh anggota keluarga. Kalau perlu, buat tertulis di sebuah papan dan tempelkan di tempat yang mudah dilihat.

2. Tidak membiarkan

Orang tua yang tidak bertoleransi pada kekasaran atau ketidaktertiban dengan sendirinya mendidik anak-anak mereka untuk bertingkah sopan dan tertib. Jika anak menunjukkan tanda tidak mau mengikuti peraturan, beri sanksi.

3. Beri penjelasan

Ajarkan anak-anak mengekspresikan emosi mereka dengan cara lain ketimbang marah-marah dan bersikap kasar. Jelaskan pada mereka bahwa tiap anggota keluarga punya tugas. Katakan, “kau boleh tidak suka, tapi peraturan ini sudah disetujui, kan?”

4. Sepakati sebuah kode

Jika sedang di ruang publik dan Anda melihat anak mulai sedikit melenceng, beritahu dia dengan kode atau sinyal yang dia ketahui sebagai tanda bahwa ia telah berbuat tidak semestinya. Anda bisa menariknya sejenak dan mengatakannya langsung.

 

5. Jangan terbawa emosi

Tentu saja Anda mungkin tergoda untuk balas membentak atau balas melecehkan anak, semata-mata karena Anda ingin anak tahu rasanya diperlakukan demikian. Namun, tahan diri Anda. Sebagai orangtua, berikan contoh yang baik pada anak.

Source: GoodHouseKeeping, Edisi September 2011, Halaman 50.

(vem/tik)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading