Sukses

Parenting

Liburan Seru Dengan Berkebun

Liburan tidak selalu identik dengan jalan-jalan. Ada kalanya liburan bisa menghabiskan waktu luang bersama keluarga di rumah. Salah satu cara agar liburan bersama keluarga bisa tetap seru adalah dengan mengajak anak untuk berkebun.

Meski tergolong simpel, tapi mengajak anak untuk berkebun adalah salah satu cara agar anak dapat mencintai dan lebih peka terhadap lingkungan. Berikut tips liburan seru bersama anak dengan berkebun:

1. Mulailah dari hal yang sederhana

Mengajak anak untuk turut serta dalam kegiatan berkebun memang sangat bermanfaat. Selain mengajarkan anak untuk cinta pada lingkungan, anak sendiri akan merasa senang dan bebas bisa bermain-main dengan tanah. Ajarkan anak untuk menanam tanaman dari fase biji. Gunakan biji kacang hijau, jagung, atau tanaman berbiji lainnya. Di sini, Anda juga dapat mengenalkan anak untuk menanam di pot dan tanah pekarangan rumah.

2. Kenalkan dengan tanaman-tanaman umum

Setelah mengajarkan anak untuk menanam tanaman dari fase biji, ada baiknya Anda mulai mengenalkannya pada jenis tanaman-tanaman umum yang sering dijumpai di banyak tempat seperti bunga-bungaan dan tanaman obat.

3. Sebaiknya jangan gunakan pupuk sintetis

Untuk menghindari dari keracunan dan alergi, sebaiknya Anda tidak memperkenalkan anak untuk memakai pupuk kimia sintetis untuk menyuburkan tanaman. Sebagai gantinya, Anda dapat memberikan contoh dengan menggunakan air tajin (air cucian beras) sebagai penyubur tanaman.

4. Ajari anak untuk merawat

Setelah mengajari bagaimana cara menanam tanaman, jangan lupa ajari anak untuk merawat tanaman dengan menyiram secara rutin.

Bagaimana, Ladies? Tertarik untuk mempraktekannya?

(vem/tik)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading