Sukses

Parenting

Penting Mom, Ini Tips Agar Buah Hati Tumbuh Sehat & Cerdas

Orang tua mana yang tak ingin melihat buah hatinya tumbuh dan berkembang secara sehat dan cerdas? Bisa dipastikan bahwa setiap orang tua menginginkan hal ini. Ada perasaan bangga dan bahagia tersendiri ketika melihat buat hati tumbuh dan berkembang dengan baik serta sehat. Juga, ketika buah hati tumbuh menjadi sosok yang cerdas dan bahagia.

Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi dan mendukung kecerdasan anak. Sejak anak masih berada di dalam kandungan, bayi hingga anak-anak, fisik dan psikisnya terus mengalami perubahan. Otaknya terus menyerap segala informasi yang ia peroleh dari lingkungannya dan terus belajar. Mengingat hal ini, penting bagi setiap orang tua untuk memperlakukan anak dengan sangat baik sejak ia masih di kandungan, saat terlahir sebagai bayi hingga anak-anak.

Dikutip dari laman boldksy.com, perlakukan orang tua terhadap anak sangat menentukan tumbuh kembang anak agar lebih sehat dan cerdas. Para ahli mengungkapkan ada beberapa tips agar anak bisa tumbuh semakin sehat dan cerdas. Tips tersebut antara lain sebagai berikut.

(vem/mim)

Pastikan Buah Hati Merasa Aman

Pastikan Buah Hati Merasa Aman
Tips pertama agar buah hati tumbuh sehat dan cerdas adalah pastikan bahwa ia merasa aman dan nyaman. Ketika Mom mendengar buah hati yang masih bayi menangis, usahakan untuk segara mendekat atau menggendongnya. Rasa aman dan nyaman yang dirasakan bayi sangat berpengaruh pada kecerdasan otaknya. Semakin bayi merasa aman dan nyaman, semakin mungkin ia tumbuh menjadi pribadi yang cerdas, bahagia dan penuh percaya diri.

Biarkan Buah Hati Main-Main Sendiri
Jika buah hati Mom ingin bermain-main di lantai atau sekitarnya, jangan cegah dia. Biarkan dia mengeksplor dunia di sekitarnya. Tapi, pastikan untuk tidak pernah lalai terhadap dirinya. Segera ambil tubuh buah hati jika ia akan mengalami bahaya. Dengan membiarkan buah hati bermain sendiri, selain membuat buah hati makin cerdas, ini juga akan membuatnya semakin berani dan percaya diri.

Curahkan Kasih Sayang Tulus

Curahkan Kasih Sayang Tulus
Kasih sayang yang tulus dari orang tua akan membuat setiap anak merasa dihargai, terlindungi dan bahagia. Ketika perasaan mereka bahagia, dipastikan ini akan berpengaruh baik terhadap otaknya. Ini juga berpengaruh baik terhadap kecerdasan serta kesehatannya. Semakin anak merasa disayangi, semakin ia merasa dihargai dan memiliki semangat untuk tumbuh serta berkembang lebih baik lagi.

Sesekali Ajak Buah Hati Pijat
Pijat bisa membuat tubuh merasa rileks. Ketika tubuh rileks, secara tidak langsung otak pun akan ikut rileks. Saat fisik dan psikis rileks, ini akan meningkatkan kemampuan kecerdasan buah hati. Sentuhan selama pijat bahkan dipercaya bisa berpengaruh baik pada kemampuan otak.

Ajak Buah Hati Bermain Banyak Permainan

Ajak Buah Hati Bermain Banyak Permainan
Dengan bermain banyak permainan, otak akan diasah dan diajak berpikir lebih ekstra. Walau terkadang membuat pikiran anak penat karena berpikir tentang banyak hal, berpikir saat bermain tetap akan membuat otak anak rileks. Tapi ingat, saat mengajak buah hati bermain banyak permainan, usahakan agar permainan yang dimainkan adalah permainan yang bisa dibuat sebagai ajang mengasah otak. Ajak anak bermain angka, huruf dan sejenisnya agar otaknya semakin cerdas.

Beri Pujian dan Nasehat di Waktu Tepat
Saat anak melakukan kebaikan, jangan sungkan untuk memberinya pujian. Pujian akan membuat anak merasa bahagia, percaya diri dan mendorongnya untuk berbuat lebih baik lagi. Sedangkan saat anak melakukan kesalahan, jangan pelit untuk memberinya nasehat. Menasehati anak agar mereka tumbuh dan berkembang jadi pribadi yang disiplin serta cerdas pada dasarnya sangat penting.

Hanya saja, saat memberikan nasehat, pastikan tidak memberikan nasehat yang disertai hukuman baik hukuman fisik maupun psikis. Memberi hukuman terhadap anak hanya akan membuat mereka semakin bandel, kurang disiplin dan menjadi pribadi yang kurang percaya diri.

Perlakukan Buah Hati Dengan Sabar

Perlakukan Buah Hati Dengan Sabar
Orang tua yang sabar dan penuh pengertian namun tetap disiplin akan membuat emosi anak semakin baik. Orang tua yang sabar juga bisa mendorong anak untuk berpikir lebih hati-hati, logis serta cerdas.

Penuhi Kebutuhan Nutrisi Buah Hati dengan Baik
Jika Mom ingin memiliki buat hati sehat dan cerdas, pastikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan baik. Penting bagi anak yang masih menjalani masa pertumbuhan untuk konsumsi berbagai makanan serta minuman sehat. Selain memenuhi kebutuhan nutrisinya, penting bagi orang tua memastikan anak memiliki waktu istirahat, belajar dan olahraga cukup setiap harinya.

Mom, itulah tips agar anak tumbuh sehat dan cerdas. Sekilas, tips ini memang mudah dilakukan. Tapi jangan salah, butuh kesabaran dan ketulusan ekstra untuk melakukannya. Semoga tips ini bermanfaat dan kita semua bisa memiliki buah hati yang sehat dan cerdas

[pos_1]

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading